Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Dana Alokasi Khusus Pada Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan = Analysis of the Factors Affecting the Absorption of the Special Allocation Funds for the Representatives of the BKKBN of South Sulawesi Province


Dengagi, Baldiah (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Dana Alokasi Khusus Pada Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan = Analysis of the Factors Affecting the Absorption of the Special Allocation Funds for the Representatives of the BKKBN of South Sulawesi Province. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A022171006_tesis_cover1.jpg

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A022171006_tesis_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A022171006_tesis_dp.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A022171006_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Dana Alokasi Khusus Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan

Baldiah Daengagi
Haris Maupa
Sumardi

Penelitian dilakukan di Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan. Fokus penelitian adalah Penyerapan Anggaran (Y) dengan variabel prediktor Perencanaan Anggaran (X1), Kualitas Sumber Daya Manusia (X2), dan Pelaksanaan Anggaran (X3) dan Administrasi (X4). Data sekunder yang digunakan diperoleh dari dokumentasi yang dilakukan oleh perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Dimana dalam teknik ini seluruh populasi penelitian juga dijadikan sampel sehingga 3 pengelola DAK KB di 24 kabupaten/kota nantinya akan memberikan kuesioner berupa google form yang dapat diisi secara online. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung X1, X2, X3 dan X4 terhadap Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa X1, X2, dan X4 berpengaruh langsung positif signifikan terhadap Y dan X3 berpengaruh langsung positif dan tidak signifikan terhadap Y. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan anggarannya, pengelola subsektor DAK KB cenderung mengabaikan aturan dan rencana yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan anggarannya.
Keywords : Perencanaan Anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia, Pelaksanaan Anggaran, Administrasi, dan Penyerapan Anggaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:42
Last Modified: 06 Jun 2022 02:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16347

Actions (login required)

View Item
View Item