Gambaran Kualitas Fisik dan Bakteriologis Udara pada Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa = Overview of the Physical and Bacteriological Quality of Air in the Emergency Room (IGD) General Hospital Syekh Yusuf, Gowa Regency


Khalid, Naqiyah T. Faradiba (2020) Gambaran Kualitas Fisik dan Bakteriologis Udara pada Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa = Overview of the Physical and Bacteriological Quality of Air in the Emergency Room (IGD) General Hospital Syekh Yusuf, Gowa Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116040_skripsi_cover1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116040_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116040_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116040_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pencemaran udara dalam ruangan merupakan faktor utama sebagai penyebab gangguan kesehatan. Salah satu bahan pencemar yang berada dalam ruangan yaitu polutan biologi. Keberadaan polutan biologi di udara dipengaruhi oleh suhu, kelembaban, pencahayaan. Salah satu tempat umum yang berpotensi terjadi pencemaran udara dalam ruang ialah rumah sakit khususnya dalam hal pencemaran udara oleh mikroba. Selain sebagai tempat pelayanan kesehatan rumah sakit juga merupakan tempat dengan derajat kontaminasi yang cukup tinggi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ruangan di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf di Kabupaten Gowa, sedangkan sampel penilitian yaitu udara pada ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang berada dalam gedung rumah sakit. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari Rumah Sakit dan data primer diperoleh saat pengambilan sampel udara secara langsung. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel distribusi dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian yang didapatkan selama tiga hari menunjukkan pengukuran suhu udara rata-rata sebesar 31,2℃ dimana melebihi angka standar yang ditetapkan yaitu 20℃ - 24℃. Kelembaban udara rata-rata sebesar 63,6% dimana melebihi angka standar yang ditetapkan yaitu 40% - 60%. Intensitas cahaya rata-rata sebesar 71 lux dimana tidak memenuhi standar yang ditetapkan yaitu 100 Lux – 200 Lux, dan hasil pengukuran angka kuman udara rata-rata sebesar 360 CFU/m3 dimana melebihi angka standar yang ditetapkan yaitu 200 CFU/m3. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit., Ruang IGD RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan.
Kata Kunci: Pencemaran Udara, Rumah Sakit, IGD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:33
Last Modified: 06 Jun 2022 01:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16303

Actions (login required)

View Item
View Item