Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar = Factors Related To Motivation Performance Of Health Personnel In Puskesmas Kassi-Kassi Makassar City


Nurhalisa, Nurhalisa (2021) Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar = Factors Related To Motivation Performance Of Health Personnel In Puskesmas Kassi-Kassi Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116030_skripsi cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116030_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116030_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116030_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Sumber daya manusia adalah suatu bagian yang paling penting di dalam suatu organisasi atau instansi. Selain itu sumber daya manusia sangat dibutuhkan sebagai faktor penggerak terhadap komponen-komponen lainnya yang terdapat di dalam suatu organisasi, tanpa peran sumber daya manusia kegiatan organisasi atau instansi tidak dapat terlaksana secara terpadu dan serasi. Keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan tidak terlepas dari peran pegawai. Pegawai bukan semata objek dalam pencapaian tujuan organisasi, tetapi juga menjadi subjek atau pelaku. Mereka dapat menjadi perencana, pelaksana, dan pengendalian yang selalu berperan aktif dalam mewujudkan tujuan organisasi, serta mempunyai pikiran, perasaan dan keinginan yang dapat mempengaruhi sikapnya dalam pekerjaan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan motivasi terhadap kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini yakni sebanyak 52 tenaga kesehatan dan sampel 52 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara dengan alat bantu kuesioner. Hasil: Hasil analisis korelasi dengan uji chi-square (p< 0,05) diperoleh data variabel kebijakan administrasi (p = 0,636), tidak ada hubungan. Data variabel supervisi (p = 0,016) dan variabel penghasilan (p = 0,033) ada hubungan dengan kinerja tenaga kesehatan. Sedangkan variabel kondisi kerja (p =0,267), Prestasi kerja (p =0,872) dan tanggung jawab (p= 0,614) tidak ada hubungan dengan kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas Kassi-Kassi.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan variabel kebijakan administrasi, kondisi kerja, prestasi kerja dan tanggung jawab terhadap kinerja tenaga kesehatan. Sedangkan ada hubungan variabel supervisi dan penghasilan terjadap kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar.
Keywords : Motivasi, Kinerja, Puskesmas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:28
Last Modified: 06 Jun 2022 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16281

Actions (login required)

View Item
View Item