Pengaruh Dosis Multi Enzim pada Pakan Buatan Komersial terhadap Efisiensi Pakan dan Rasio Efisiensi Protein pada Larva Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)


Ma`ruf, Aprita (2022) Pengaruh Dosis Multi Enzim pada Pakan Buatan Komersial terhadap Efisiensi Pakan dan Rasio Efisiensi Protein pada Larva Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
L22115510_skripsi cover1.jpg

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
L22115510_skripsi bab 1-2.pdf

Download (858kB)
[thumbnail of daftar Pustaka] Text (daftar Pustaka)
L22115510_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
L22115510_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu peranan multi enzim adalah membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrient di dalam organ pencernaan pada udang vaname. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan dosis multi enzim terbaik pada pakan berdasarkan efisiensi pakan dan rasio efisiensi protein pada pemeliharaan post larva udang vaname. Penelitian dilaksanakan di Balai Perikanan Budidaya Air Payau Takalar. Hewan uji yang digunakan adalah udang vaname dengan bobot rata-rata awal 0,065 g/ekor. Selama penelitian, udang uji dipelihara di dalam baskom warna hitam dengan volume 40 L dan diisi air laut sebanyak 30 L dengan salinitas 29 ppt, serta dilengkapi dengan aerasi. Setiap baskom diisi 50 ekor udang uji. Udang uji diberi pakan buatan berbentuk bubuk dengan dosis 10% dari total biomassa. Penelitian didesain menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu 20 cc/kg (perlakuan A), 30 cc/kg (perlakuan B), 40 cc/kg (perlakuan C) dan 50 cc/kg (perlakuan D) masing-masing 3 ulangan. Data dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi pemanfaatan pakan dan rasio efisiensi protein pada post larva udang vaname yang diberi pakan komersial dengan dosis multienzim yang berbeda pada sesuai perlakuan memberikan respon yang sama, atau tidak memberikan pengaruh yang nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Efisiensi pakan, multi enzim, rasio efisiensi protein dan udang vaname.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 31 May 2022 03:02
Last Modified: 31 May 2022 03:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16266

Actions (login required)

View Item
View Item