Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar Tahun 2021 = Relationship Of The Quality Of Health Services with Outpatient Patient Satisfaction at The Tamalanrea Puskesmas, Makassar City in 2021


Ramdhani M, Arinil Haq (2021) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar Tahun 2021 = Relationship Of The Quality Of Health Services with Outpatient Patient Satisfaction at The Tamalanrea Puskesmas, Makassar City in 2021. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171344_skripsi_cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171344_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171344_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171344_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Puskesmas Tamalanrea merupakan salah satu puskesmas di Kecamatan Tamalanrea. Puskesmas sebagai pemberi pelayanan kesehatan dasar memiliki peran yang sangat penting dalam memelihara kesehatan masyarakat. Apabila berfungsi dengan baik, maka puskesmas akan mampu memberikan pelayanan yang bermutu bagi masyarakat yang membutuhkan. Jumlah kunjungan Puskesmas Tamalanrea dalam tiga tahun terakhir (2017-2019) mengalami fluktuasi (peningkatan dan penurunan) jumlah kunjungan. Salah satu faktor yang menjadi turunnya kunjungan yaitu pelayanan yang belum optimal sehingga masyarakat sehingga mempengaruhi keputusan masyarakat memanfaatkan sarana kesehatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Jumlah sampel rawat jalan sebanyak 99 orang yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariate dengan uji Chi square, pada taraf kepercayaan 95% (p < 0,05) Hasil: Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara kompetensi teknis dengan kepuasan pasien (ρ = 0,048), ada hubungan antara hubungan antar manusia dengan kepuasan pasien (ρ = 0,080), ada hubungan antara kenyamanan dengan kepuasan pasien (ρ = 0,048), ada hubungan antara kenyamanan dengan kepuasan pasien (ρ = 0,048), ada hubungan antara keamanan dengan kepuasan pasien (ρ = 0,048), ada hubungan antara ketepatan waktu dengan kepuasan pasien (ρ =0,000). temuan dari penelitian (3-5 kalimat) Kesimpulan: dari lima variabel yang telah diuji terdapat empat variabel yang memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien yaitu variabel kompetensi teknis, kenyamanan, keamanan, dan ketepatan waktu. Sedangkan untuk variabel hubungan antar manusia tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan kesehatan; Kepuasan pasien;
Rawat jalan; Puskesmas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 May 2022 02:10
Last Modified: 31 May 2022 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16229

Actions (login required)

View Item
View Item