PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN BONGKAR MUAT DI PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) CABANG MAKASSAR = The Implementation of Occupational Health and Safety Risk Management Loading and Unloading in PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Makassar Branch


Wardani, Rifdah (2021) PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN BONGKAR MUAT DI PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) CABANG MAKASSAR = The Implementation of Occupational Health and Safety Risk Management Loading and Unloading in PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Makassar Branch. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171315_skripsi cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171315_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171315_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171315_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Indonesia menjadi peringkat pertama total kerugian akibat kecelakaan kerja dengan total jumlah kasus 296 terkait cargo handling/ bongkar muat.Pelabuhan memiliki peran penting dan strategis pada pertumbuhan ekonomi, industri dan perdagangan serta merupakan salah satu media transportasi demi berjalannya segmen usaha yang memberikan kontribusi bagi negara dari segi ekonomi dan pembangunan nasional. Tujuan: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi potensi bahaya, risiko dan risk control dengan menggunakan metode HIRARC. Metode: Jenis penelitian ini adalah eksplanatory sequental design yaitu pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif secara berurutan, banyak informan pada peneliti ini ialah 7 orang, teknik pengambilan data ialah dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi lapangan, lokasi penelitian ini di PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan April serta teknik analisis data ialah dengan menggunakan tabel HIRARC AS/NZS4360:2004. Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah terdapat kecelakaan kerja yang menyebabkan korban terluka hingga meninggal dunia. Kemudian terdapat 4 jenis bahaya yang teridentifikasi diantara ialah bahaya kimia, fisik, ergonomic, human error. Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini ialah terdapat risiko bahaya yang ekstrem, high moderate hingga low yang disimpulkan berdasarkan hasil penilaian risiko dan menentukan risk rangking.
Keywords : Bongkar muat; HIRARC;

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 May 2022 01:13
Last Modified: 31 May 2022 01:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16206

Actions (login required)

View Item
View Item