Omar, Yaumil Atia A. A. (2021) Pengaruh Social Media, Customer Experience dan Servicescape Terhadap Revisit Intention Pada Objek Wisata Bahari (Studi Kasus Pada Pantai Akkarena, Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
L041171517_skripsi_cover1.jpg
Download (293kB) | Preview
L041171517_skripsi_bab 1-2.pdf
Download (1MB)
L041171517_skripsi_dp.pdf
Download (4MB)
L041171517_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Pariwisata di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi. Objek wisata bahari yang sangat berkembang di Makassar adalah Pantai Akkarena. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media, customer experience dan servicescape terhadap revisit intention pada objek wisata bahari Pantai Akkarena, Makassar dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat berkunjung kembali wisatawan ke Pantai Akkarena, Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Data penelitian dikumpulkan dengan metode wawancara dan penyebaran daftar pertanyaan (kuesioner) disebar kepada 94 responden yang telah mengunjungi objek wisata bahari Pantai Akkarena dan pengguna aktif media sosial. teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas serta uji asumsi klasik kemudian diolah untuk mendapatkan persamaan regresi.
Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh social media, customer experience dan servicescape secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention dengan nilai Fhitung 11,403 > nilai Ftabel 2,709. Uji parsial menunjukkan bahwa social media, customer experience dan servicescape secara masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention. Variabel Social Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, hal ini dilihat dari nilai Thitung 2,893 > Ttabel 1,9864 dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Variabel Customer Experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, hal ini dilihat dari nilai Thitung 4,038 > Ttabel 1,9864 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel Servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, hal ini dilihat dari nilai Thitung 2,984 > Ttabel 1,9864 dengan signifikansi 0,004 < 0,05.
Nilai AdjustedR Square yang didapatkan dari hasil pengujian Koefisien Determinasi (R2) terhadap Revisit Intention sebesar 0,651berarti 65,1% revisit intention dapat dijelaskan oleh social media, customer experience dan servicescape. Sedangkan sisanya 34,9% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Customer Experience, Servicescape, Revisit Intention. |
Subjects: | S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 31 May 2022 00:44 |
Last Modified: | 31 May 2022 00:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16195 |