Analisis Pengaruh Kinerja Tenaga Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Unit Rawat Jalan Puskesmas HomHom Kabupaten Jayawijaya Tahun 2020 = Analysis of the Effect of Health Worker Performance with BPJS Patient Satisfaction in the Outpatient Unit of the Hom-Hom Health Center, Jayawijaya Regency


Aibesa, Esau Rudianto (2021) Analisis Pengaruh Kinerja Tenaga Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Unit Rawat Jalan Puskesmas HomHom Kabupaten Jayawijaya Tahun 2020 = Analysis of the Effect of Health Worker Performance with BPJS Patient Satisfaction in the Outpatient Unit of the Hom-Hom Health Center, Jayawijaya Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012191082_tesis_cover1.jpg

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012191082_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012191082_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (743kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012191082_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Peningkatan pelayanan kesehatan menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pemerintah pada masa sekarang, sebab kesehatan bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder manusia tapi sudah menjadi kebutuhan primer, termasuk dalam pelayanan pasien BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan pengaruh kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di unit rawat jalan Puskesmas Homhom Kabupaten Jayawijaya Tahun 2020.
Penelitian pendekatan cross sectional studi atau potong lintang. Populasi adalah semua pasien BPJS di Puskesmas Hom-Hom. Sampel dalam penelitian ini adalah Pasien Rawat jalan peserta BPJS yang sedang berobat atau memperoleh pelayanan di Puskesmas Hom-Hom. Data dianalisis menggunakan Chi-Square
Hasil penelitian di peroleh Responsiveness tenaga kesehatan di puskesmas Hom-hom, Kabupaten Jayawijaya Sebagian besar adalah baik sebanyak 61 orang (66.3%). Empathy baik 75%,Assurance baik 67,4%,Reliability Kurang sebanyak 58,7%,Tangibel kurang 67,4%, Kepuasan pasien sebanyak 89,1% puas dan Kinerja 62,0% baik dan terdapat hubungan bermakna antara kepuasan pasien dengan kinerja dimana signifikansinya 0,000, Terdapat hubungan bermakna antara REATER dengan Kepuasan pasien BPJS sebesar 0,005 signifikansinya.
Keywords : Responsiveness, Empathy, Assurance,Tangibel,Reliability, Kepuasan, Kinerja, BPJS

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 May 2022 00:44
Last Modified: 31 May 2022 00:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16193

Actions (login required)

View Item
View Item