STRATEGI KOPING MENGHADAPI KECEMASAN TERKAIT DAMPAK COVID-19 DI KALANGAN SISWA SMP DI KOTA MAKASSAR = COPING STRATEGY TOWARDS ANXIETY RELATED TO THE IMPACT OF COVID-19 IN JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN THE CITY OF MAKASSAR BASED ON WEBSITE


Cotesea, Jullen Putri Setyani (2021) STRATEGI KOPING MENGHADAPI KECEMASAN TERKAIT DAMPAK COVID-19 DI KALANGAN SISWA SMP DI KOTA MAKASSAR = COPING STRATEGY TOWARDS ANXIETY RELATED TO THE IMPACT OF COVID-19 IN JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN THE CITY OF MAKASSAR BASED ON WEBSITE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012191003_tesis_cover1.jpg

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012191003_tesis-bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012191003_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012191003_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penyebaran pandemi yang sangat cepat dan terus menerus membuat sekolah maupun perguruan tinggi di seluruh negeri diperkirakan akan mengalami keterlambatan dan juga akan mempengaruhi kesehatan mental siswa. Kecemasan yang muncul karena adanya pandemi Covid-19 ini jika dibiarkan, maka akan mempengaruhi kondisi psikologi dan emosi siswa baik saat belajar maupun saat berinteraksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi koping menghadapi kecemasan akibat dampak Covid-19 di kalangan siswa SMP Negeri 12 Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method menggunakan strategi eksplanatoris sekuensial. Sampel penelitian sebanyak 287 responden, informan sebanyak 39 orang yang dibagi menjadi 2 yaitu informan kunci sebanyak 31 orang dan informan pendukung sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik mixed methods yaitu menggabungkan data yang ditemukan dari satu metode dengan metode lainnya. Pertama akan dilakukan pencarian siswa yang mengalami kecemasan terlebih dahulu untuk mendapatkan data kuantitatif, diikuti data kualitatif untuk menganalisis strategi koping yang dibutuhkan. Hasil penelitian yaitu terdapat tingkat kecemasan siswa yang terdiri dari tidak ada kecemasan, kecemasan ringan, kecemasan sedang, dan kecemasan berat. Strategi koping yang dilakukan oleh siswa dalam mengatasi kecemasan akibat dampak Covid-19 yaitu: problem focused coping, dan emotion focused coping. Dukungan yang didapatkan (dari sekolah/guru, dan orang tua) dalam menghadapi kecemasan terkait Covid-19 yang siswa alami, yaitu: komunikasi dalam hal mendampingi, memotivasi, memberikan pengetahuan tentang Covid-19. Diharapkan orang tua untuk dapat lebih membagi waktu dengan anaknya sehingga anak tidak berkecil hati dan merasa mendapatkan dukungan penuh.
Keywords : Kecemasan, Strategi Koping, Covid-19, Siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 May 2022 00:39
Last Modified: 31 May 2022 00:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16186

Actions (login required)

View Item
View Item