PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF (INNOVATIVE WORK BEHAVIOR) KARYAWAN RSUD BERIMAN KOTA BALIKPAPAN = THE EFFECT OF TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND EMOTIONAL INTELLIGENCE ON INNOVATIVE WORK BEHAVIOR OF EMPLOYEES AT RSUD BERIMAN, BALIKPAPAN CITY


Sitoresmi, Retno Sulistyo (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF (INNOVATIVE WORK BEHAVIOR) KARYAWAN RSUD BERIMAN KOTA BALIKPAPAN = THE EFFECT OF TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND EMOTIONAL INTELLIGENCE ON INNOVATIVE WORK BEHAVIOR OF EMPLOYEES AT RSUD BERIMAN, BALIKPAPAN CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012171181_tesis_cover1.jpg

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012171181_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012171181_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012171181_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu cara dunia pelayanan kesehatan untuk dapat bersaing tanpa mengesampingkan mutu pelayanan maupun keselamatan pasien pada era globalisasi ini adalah dengan melakukan terobosan berupa layanan inovasi baik ditingkat organisasi maupun individu. Layanan inovasi dapat dimulai dari perilaku kerja inovatif dari pemimpin maupun karyawan di rumah sakit yang dapat berupa ide-ide baru, perilaku baru, konsep baru, desain baru, prosedur baru, strategi baru serta pengkinian ide dalam melakukan tugas yang berhubungan dengan pekerjaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepemimpinan transformasional pada pemimpin kolegial yang menunjukkan konsistensi kepemimpinan yang efektif dan juga melihat pengaruh kecerdasan emosional pada pemimpin kolegial yang dapat memperhitungkan seberapa efektif pemimpin memantau dan menanggapi bawahan dalam proses pengambilan keputusan terhadap perilaku kerja inovatif karyawan di RSUD Beriman Balikpapan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross-sectional, metode pengumpulan data dimana dilakukan penilaian kepemimpinan transformasional dan kecerdasan emosional oleh bawahan terhadap pemimpin kolegial dengan kuesioner online dan dianalisis menggunakan uji regresi logistik.
Hasil menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dengan nilai signifikansi 0,794 > 0,05 menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada pengaruh kecerdasan emosional pada pemimpin kolegial terhadap perilaku kerja inovatif karyawan di RSUD Beriman Balikpapan; kepemimpinan transformasional dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh kepemimpinan transformasional pada pemimpin kolegial terhadap perilaku kerja inovatif karyawan di RSUD Beriman Balikpapan.
Disarankan pemimpin kolegial dapat melakukan pendekatan personal dan meningkatkan komunikasi efektif kepada karyawan sehingga memunculkan ide baru, dan menyediakan wadah untuk menampung ide tersebut hingga menjadi layanan inovasi.
Keywords : kepemimpinan transformasional, kecerdasan emosional, perilaku kerja inovatif, layanan inovasi, rumah sakit

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 May 2022 01:48
Last Modified: 27 May 2022 01:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item
View Item