Pengaruh Konsep Norma Subyektif dan Norma Sosial Melalui Intervensi Komik terhadap Perilaku Pencegahan HIV/AIDS Pada Remaja di Jakarta Timur = The Influence of Subjective Norms and Sosial Norms Through Comic Interventions on HIV/AIDS Prevention Behavior in Adolescents in East Jakarta


Prihayati, Prihayati (2021) Pengaruh Konsep Norma Subyektif dan Norma Sosial Melalui Intervensi Komik terhadap Perilaku Pencegahan HIV/AIDS Pada Remaja di Jakarta Timur = The Influence of Subjective Norms and Sosial Norms Through Comic Interventions on HIV/AIDS Prevention Behavior in Adolescents in East Jakarta. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013172014_disertasi_cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K013172014_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K013172014_disertasi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K013172014_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

PRIHAYATI. Pengaruh Konsep Norma Subyektif dan Norma Sosial Melalui Intervensi Komik terhadap Perilaku Pencegahan HIV/AIDS Pada Remaja di Jakarta Timur (dibimbing oleh M Tahir Abdullah, Suriah dan Indar)

Analisis tingkat global oleh United Nations Children’s Fund (UNICEF) mengemukakan bahwa pada remaja mengalami peningkatan dari tahun ke tahun terkait kejadian HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Norma Subyektif dan Norma Sosial terhadap Perilaku Pencegahan HIV/AIDS pada Remaja di Jakarta Timur.

Penelitian dilakukan di Wilayah Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan mix methods dengan jenis desain sequential exploratory. Penelitian kualitatif dengan FGD dan in-depth interview menggunakan 9 informan. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi eksperimental design pre dan post-test with control Group dengan jumlah 240 responden.

Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa konsep norma subjektif mencangkup faktor individu, faktor lingkungan dan faktor informasi dan norma sosial meliputi norma agama dan norma hukum berpengaruh terhadap perilaku pencegahan HIV/AIDS. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan unsur norma subjektif yang paling berpengaruh yaitu faktor lingkungan dengan nilai t-statistik > t-tabel yaitu 6.245 > 1.96 (p-value < alpha yaitu 0.000 < 0.05) dan unsur norma sosial yang berpengaruh yaitu norma hukum dengan nilai t-statistik > t-tabel yaitu 9.303 > 1.96 (p-value < alpha yaitu 0.000 < 0.05).

Kesimpulan dari penelitian ini, remaja yang diberikan komik dengan pendampingan peergroup menunjukkan bahwa konsep norma subjektif yang paling berpengaruh yaitu faktor lingkungan sebesar 67.50% dan norma sosial yang paling berpengaruh yaitu norma hukum sebesar 68.30% memiliki pengaruh terhadap perilaku pencegahan HIV/AIDS pada remaja. Saran pemberian materi pendidikan kesehatan dan membuat kebijakan yang terkait dengan pentingnya upaya pencegahan HIV/AIDS dan disosialisasikan pada remaja yang mencangkup norma subjektif dan norma sosial.
Keywords : HIV/AIDS, Remaja, Norma Subjektif, Norma Sosial, Komik

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 May 2022 00:46
Last Modified: 18 May 2022 00:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16093

Actions (login required)

View Item
View Item