ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENATAAN BADAN USAHA MILIK NEGARA MELALUI PEMBENTUKAN HOLDING COMPANY


Ishak, Ahmad (2021) ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENATAAN BADAN USAHA MILIK NEGARA MELALUI PEMBENTUKAN HOLDING COMPANY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B012182015_tesis_cover1.jpg

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B012182015_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B012182015_tesis_dp.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B012182015_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep ideal dalam pengaturan holding pada Badan Usaha Milik Negara serta konsep pengawasan Pemerintah dalam penataan Badan Usaha Milik Negara melalui sistem holding company.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif yang akan mengevaluasi dan menganalisis peraturan terkait Badan Usaha Milik Negara, serta regulasi kebijakan pemerintah dalam membentuk holding company. Pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan pengkajian beberapa regulasi holding serta bentuk pelaksanaan holding di Indonesia sehingga diperoleh gambaran yang jelas dan pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan sebagai jawaban dari permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan perlu adanya rekonstruksi hukum terkait pembentukan undang-undang baru yang secara khusus mengatur holding company di Indonesia, sementara pada konsep pengawasan pelaksanaan holding BUMN ke depannya dapat diterapkan pola pengawasan terintegrasi. Pengawasan terintegrasi ini meliputi kewenangan masing-masing lembaga atau instansi untuk diintegrasikan dan dikoordinasikan dalam melakukan pengawasan. Pengawasan terintegrasi ini melibatkan Komisaris Induk Perusahan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Kementerian BUMN secara koordinatif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 May 2022 00:41
Last Modified: 18 May 2022 00:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item
View Item