Strategi pengembangan usaha budidaya rumput laut (Gracillaria sp) melalui kultur spora di Kabupaten Takalar = Seaweed cultivation business development strategy (Gracillaria sp) through spores culture in Takalar Regency


Angriani, Evi (2022) Strategi pengembangan usaha budidaya rumput laut (Gracillaria sp) melalui kultur spora di Kabupaten Takalar = Seaweed cultivation business development strategy (Gracillaria sp) through spores culture in Takalar Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L012181004_tesis_cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L012181004_tesis_bab 1-2.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L012181004_tesis_dp.pdf

Download (988kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L012181004_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis pendapatan, merumuskan dan menentukan strategi pengembangan usaha budidaya Gracillaria sp melalui kultur spora di Kabupaten Takalar.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sanrobone, Kecamatan Mappakasunggu, dan Balai Perikanan Budidaya Air Payau Kabupaten Takalar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penetuan sampel ditentukan secara sengaja (purposive sampling) di Kabupaten Takalar dengan kriteria pembudidaya yang menggunakan bibit spora. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, FGD, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha budidaya rumput laut Gracilaria sp melalui kultur spora dengan metode longline di Kabupaten Takalar secara finansial menguntungkan dengan jumlah pendapatan yang diterima pembudidaya rumput laut Gracillaria sp di Kecamatan Sanrobone sebesar Rp.13.389.100/tahun. Sedangkan di Kecamatan Mappakasunggu pendapatan yang diterima pembudidaya rumput laut Gracillaria sp sebesar Rp. 11.474.500/tahun. Hasil identifikasi faktor internal terdapat tiga kekuatan dan tiga kelemahan, sementara pada faktor lingkungan eksternal terdapat tiga peluang dan tiga ancaman. Perpaduan nilai IFE 3,14 dan nilai EFE 3,32 dalam matriks IE menunjukkan bahwa posisi usaha terletak pada sel I (pertumbuhan). Alternatif strategi pengembangan usaha budidaya rumput laut Gracillaria sp melalui kultur spora dengan metode longline di Kabupaten Takalar paling tepat dilakukan melalui pengembangan kawasan budidaya rumput laut Gracillaria sp hasil kultur spora (skor 4,30), penyediaan stok bibit kultur spora untuk kebutuhan ekspor (skor 2,14), dan melakukan renovasi teknologi budidaya rumput laut hasil kultur spora (1,62). Ketiga strategi tersebut dapat dilaksanakan secara bersamaan karena saling mendukung satu dengan yang lainnya.
Keywords : Rumput Laut, Gracillaria sp, Kultur Spora, IE, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 May 2022 06:56
Last Modified: 10 May 2022 06:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16020

Actions (login required)

View Item
View Item