Estimasi Stok Karbon Pada Padang Lamun Dengan Menggunakan Teknologi Penginderaan Jauh Di Pantai Panrangluhu , Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan = Seagrass Carbon Stock Estimation in Panrangluhu Coastal Waters, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, by Using Remote Sensing Technology


Akbar, Muh Nabil (2022) Estimasi Stok Karbon Pada Padang Lamun Dengan Menggunakan Teknologi Penginderaan Jauh Di Pantai Panrangluhu , Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan = Seagrass Carbon Stock Estimation in Panrangluhu Coastal Waters, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, by Using Remote Sensing Technology. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L11116529_skripsi cover1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L11116529_skripsi bab 1-2.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L11116529_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L11116529_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Tumbuhan lamun mempunyai peranan yang sangat penting, salah satunya adalah sebagai penyimpan karbon. Namun, informasi tentang simpanan karbon lamun di perairan pantai Indonesia masih belum banyak tersedia, termasuk perairan pantai Panrangluhu. Penelitian in bertujuan mengestimasi simpanan karbon lamun di Perairan pantai Panrangluhu dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dan citra Sentinel-2A. Citra diolah terlebih dahulu sebelum dilakukan klasifikasi unsupervised dan dihasilkan peta klasifikasi kondisi lamun (miskin, kurang sehat dan sehat). Berdasarkan peta, dilakukan pemilihan lokasi sampling secara acak. Pengamatan di lapangan meliputi kondisi lamun, sampel biomassa dan pengukuran parameter oseanografi (suhu dan salinitas). Sampel dibawa ke laboratorium untuk dihitung biomassa dan kandungan karbon untuk dapat mengestimasi stok karbon serta membuat peta stok karbon. Hasil menunjukkan stok karbon tertinggi untuk biomass atas lamun dimiliki oleh Syringodium isoetifolium (7,16 gC/m2) dan terendah oleh Halophila ovalis (1,24gC/m2). Biomassa bawah substrat tertinggi dimiliki oleh Enhalus acoroides (26,50 gC/m2) dan terendah oleh Halophila ovalis (5,56 gC/m2). Total stok karbon di Perairan pantai Panrangluhu adalah sebesar 19,97 ton.
Kata kunci : Lamun, stok Karbon, Pantai Panrangluhu, Bulukumba, Citra Sentinel-2A.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 00:19
Last Modified: 17 May 2022 00:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15995

Actions (login required)

View Item
View Item