ESTIMASI STOK KARBON LAMUN DI PANTAI PANRANGLUHU, DESA BIRA, KECAMATAN BONTOBAHARI, KABUPATEN BULUKUMBA = SEAGRASS CARBON STOCK ESTIMATION AT PANRANGLUHU BEACH, BIRA VILLAGE, BONTOBAHARI SUB-DISTRICT, BULUKUMBA DISTRICT


Aristi, Masyita Vina (2022) ESTIMASI STOK KARBON LAMUN DI PANTAI PANRANGLUHU, DESA BIRA, KECAMATAN BONTOBAHARI, KABUPATEN BULUKUMBA = SEAGRASS CARBON STOCK ESTIMATION AT PANRANGLUHU BEACH, BIRA VILLAGE, BONTOBAHARI SUB-DISTRICT, BULUKUMBA DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L11116328_skripsi cover1.jpg

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L11116328_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L11116328_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L11116328_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Lamun memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup ekosistem sekitarnya salah satunya menyimpan cadangan karbon. Stok karbon merupakan cadangan karbon yang tersimpan pada permukaan tanah maupun dalam tanah sebagai biomassa tanaman salah satunya lamun. Estimasi stok karbon dilakukan dengan tujuan untuk melihat banyaknya cadangan karbon yang tersimpan dalam biomassa lamun serta menganalisa hubungan persen tutupan lamun dengan stok karbonnya di Pantai Panrangluhu. Metode Walkley & Black digunakan untuk mengukur kandungan karbon dalam biomassa lamun, sedangkan untuk mengetahui stok karbon yaitu dengan mengalikan biomassa kering lamun dengan kandungan karbonnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai stok karbon pada jenis 5 jenis lamun yang ditemukan. Jenis Enhalus acoroides memiliki nilai stok karbon tertinggi dibandingkan dengan jenis lain yaitu sebesar 19,19 ± 6,10 gC/m² sejalan dengan tingginya persen tutupan pada jenis lamun tersebut di Pantai Panrangluhu.
Keywords : lamun, tutupan jenis, karbon tersimpan, Pantai Panrangluhu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 00:17
Last Modified: 17 May 2022 00:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15979

Actions (login required)

View Item
View Item