Sebaran Ikan Famili Chaetodontidae pada Daerah Transplantasi Karang dan Terumbu Karang Alami di Perairan Pulau Badi Kepulauan Spermonde = Distribution of Family Chaetodontidae in Coral Transplantation and Natural Reefs of Badi Island Waters Spermonde


Cahyani, Indah Dewi (2022) Sebaran Ikan Famili Chaetodontidae pada Daerah Transplantasi Karang dan Terumbu Karang Alami di Perairan Pulau Badi Kepulauan Spermonde = Distribution of Family Chaetodontidae in Coral Transplantation and Natural Reefs of Badi Island Waters Spermonde. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L11116303_skripsi_cover1.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L11116303_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L11116303_skripsi_dp.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L11116303_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Sebagai ikan indokator terumbu karang, keragaman dan kelimpahan ikan famili Chaetodontidae sangat terkait dengan kondisi dan keanekaragaman terumbu karang. Jika kualitas atau kondisi dari terumbu karang menurun, maka jumlah ikan famili Chaetodontidae pada daerah tersebut juga akan menurun. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2020 di daerah transplantasi karang dan daerah terumbu karang alami di perairan Pulau Badi, Kepulauan Spermonde yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tutupan terumbu karang dengan kelimpahan ikan famili Chaetodontidae. Metode yang digunakan untuk mengambil data tutupan terumbu karang adalah LIT (Line Intercept Transect), dan untuk mengambil data sebaran ikan digunakan metode UVC (Underwater Visual Census). analisis data yang digunakan yaitu uji t-student untuk membandingkan jumlah jenis dan kelimpahan ikan famili Chaetodontidae antara daerah transplantasi dan alami, dan analisis PCA (Principal Component Analysis) untuk melihat keterkaitan sebaran ikan dengan kondisi terumbu karang dan parameter oseanografi. hasil penelitianmenunjukkan tutupan terumbu karang sebesar 28,17-87,27%, dan total 13 jenis famili Chaetodontidae dengan komposisi dan kelimpahan terbanyak adalah jenis Chaetodon octofasciatus. Terdapat hubungan tutupan karang hidup dengan jumlah jenis ikan famili Chaetodontidae, namun tidak dalam hal kelimpahannya. Parameter oseanografi yang terkait dengan sebaran ikan Chaetodontidae yaitu kekeruhan dan kecepatan arus.
Keywords : tutupan karang, famili Chaetodontidae, transplantasi karang, terumbu karang alami, Pulau Badi, Spermonde

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 00:17
Last Modified: 17 May 2022 00:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15977

Actions (login required)

View Item
View Item