PENGARUH DOSIS VITOMOLT PLUS DALAM PAKAN TERHADAP RETENSI NUTRISI JUVENIL UDANG VANAME (Litopenaeus Vannamei) = The effect of doses of vitomolt plus in feed on venented venting juvenile nutritional retention (Litopenaeus vannamei)


Asshidiq, A Muhammad Abilqushai (2022) PENGARUH DOSIS VITOMOLT PLUS DALAM PAKAN TERHADAP RETENSI NUTRISI JUVENIL UDANG VANAME (Litopenaeus Vannamei) = The effect of doses of vitomolt plus in feed on venented venting juvenile nutritional retention (Litopenaeus vannamei). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L22116316_skripsi cover1.jpg

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L22116316_skripsi bab 1-2.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L22116316_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L22116316_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract (Abstrak)

A. Muh. Abilqushai Asshidiq. L221 16 316. “Pengaruh Dosis Vitomolt Plus Dalam Pakan Terhadap Retensi Nutrisi Juvenil Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)” dibimbing oleh Zainuddin Sebagai Pembimbing Utama dan Yushinta Fujaya sebagai Pembimbing Anggota.
Salah satu komponen penting dalam budidaya udang vaname adalah pakan, adapun upaya untuk mengatasi mahalnya biaya pakan salah satunya dengan mengunakan feed additive yaitu vitomot plus. Vitomolt plus adalah ekstrak herbal yang mengandung fitoekdisteroid berfungsi untuk meningkatkan stamina, meningkatkan retensi protein, merangsang pertumbuhan dan molting. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis vitomolt terbaik pada pakan udang terhadap retensi nutrisi juvenile udang vaname (Litopenaeus vannamei). Peneltian ini dilaksanakan dari bulan Juli hingga September 2020 bertempat di Hatchery Mini Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar. Hewan Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah juvenil udang vaname (Litopenaeus vannamei) dengan bobot awal rata-rata 1,5 g yang diperoleh dari tempat penggelondongan udang di Kab. Pangkep. Jumlah udang yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 240 ekor dengan rincian 20 ekor per wadah. Penelitian dirancang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dengan masing-masing 3 ulangan, yaitu A: kontrol, B: 1,5 g/kg pakan, C: 3,0 g/kg pakan dan D: 4,5 g/kg pakan. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan dosis vitomolt plus yang berbeda dalam pakan buatan. Parameter yang diukur adalah retensi nutrisi yang meliputi retensi protein, lemak, dan energi. Hasil penelitian menunjukkan vitomolt plus berpengaruh nyata terhadap retensi protensi dan energi udang vaname. Perlakuan terbaik untuk udang vannamei yang mengkonsumsi pakan buatan dengan penambahan vitomolt plus 3,0 ppm pakan mampu menghasilkan retensi protein sebesar 27,47±1,91 %, retensi lemak sebesar 1,26±0,20 % dan retensi energi sebesar 8,07±0,62 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vitomolt plus memberi respon yang baik terhadap parameter retensi nutrisi udang vaname.
Kata Kunci: energi, lemak, protein, retensi, udang vaname, vitomolt

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 May 2022 06:48
Last Modified: 11 May 2022 06:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15913

Actions (login required)

View Item
View Item