Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Aktivitas Fisik dengan Performa Akademik Mahasiswa S1 Fisioterapi Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Selama Pandemi Covid-19 = The Correlation of Body Mass Index and Physical Activity with Academic Performance in Students Bachelor of Physiotherapy Program, Faculty of Nursing, Hasanuddin University During Covid-19 Pandemic


Chaerul, Putri Indah Sari (2022) Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Aktivitas Fisik dengan Performa Akademik Mahasiswa S1 Fisioterapi Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Selama Pandemi Covid-19 = The Correlation of Body Mass Index and Physical Activity with Academic Performance in Students Bachelor of Physiotherapy Program, Faculty of Nursing, Hasanuddin University During Covid-19 Pandemic. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R021181305_skripsi_cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R021181305_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R021181305_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R021181305_skripsi_14-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Performa akademik pada mahasiswa merupakan hal yang sangat penting dikaji dikarenakan ada hal-hal yang menjadi faktor pemicu keberhasilan performa akademik pada mahasiswa. Dalam masa pandemi Covid-19, permasalahan penurunan tingkat aktivitas fisik yang memicu peningkatan berat badan rentan terjadi, hal tersebut dapat berpengaruh pada performa akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara indeks massa tubuh dan aktivitas fisik dengan performa akademik mahasiswa S1 Fisioterapi Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada 143 orang mahasiswa Program Studi S1 Fisioterapi Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin. Indeks massa tubuh diperoleh dari pengukuran menggunakan timbangan dan microtoize. Aktivitas fisik menggunakan kuisioner indeks baecke. Nilai ujian tulis blok digunakan sebagai indikator penilai performa akademik. Penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara indeks massa tubuh dengan performa akademik (p<0.05). Penelitian ini juga menunjukkan tidak ada hubungan antara aktivitas fisik dengan performa akademik (p<0.05). Adapun kemungkinan temuan pada penelitian ini disebabkan oleh indeks massa tubuh dan aktivitas fisik yang sulit diukur dan dikorelasikan di masa lampau. Untuk performa akademik dinilai dari hanya satu mata kuliah yang satuan kredit semester yang tertinggi dalam semester tersebut. Oleh karena itu, penilaian seluruh nilai mata kuliah perlu dipertimbangkan untuk menggambarkan performa akademik.
Keywords : Indeks Massa Tubuh, Aktivitas Fisik, Performa Akademik Mahasiswa, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:35
Last Modified: 25 Apr 2022 03:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15826

Actions (login required)

View Item
View Item