UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA BUAH DENGEN (Dillenia serrata Thunb.) DAN PROFIL SENYAWA AKTIF DENGAN KLT-BIOAUTOGRAFI = Antimicrobial Activity Test of Dengen Fruit (Dillenia Serrata Thunb.) and Active Compound Profile with Tlc-Bioautography


Suaib, Asriyani (2022) UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA BUAH DENGEN (Dillenia serrata Thunb.) DAN PROFIL SENYAWA AKTIF DENGAN KLT-BIOAUTOGRAFI = Antimicrobial Activity Test of Dengen Fruit (Dillenia Serrata Thunb.) and Active Compound Profile with Tlc-Bioautography. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N11116344_skripsi cover1.jpg

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N11116344_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N11116344_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N11116344_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Penyakit infeksi merupakan masalah penting dalam bidang kesehatan di hampir semua negara berkembang. Penyakit infeksi biasanya disebabkan oleh beberapa mikroorganisme seperti, bakteri, parasit, virus, atau jamur. Terapi atau pengobatan terhadap infeksi mikroorganisme patogen dilakukan dengan pemberian antimikroba. Adapun bahan alam yang dapat digunakan sebagai antimikroba adalah tumbuhan dengen (Dillenia serrata Thunb.). Tujuan dari penelitian ini untuk menegetahui efek antimikroba dari buah dengen dalam menghambat mikroba uji serta mengetahui profil KLT-Bioautografi dari ekstrak dan liofilisat buah dengen. Tahap penelitian meliputi pembuatan ekstrak menggunakan metode maserasi dan liofilisasi, pengujian aktivitas antimikroba menggunakan metode difusi dengan paper disc, pengujian KLT-Bioautografi, dan skrining fitokimia. Hasil penelitian menunjukkan liofilisat buah dengen memiliki aktivitas antimikroba yang lebih baik dibandingkan dengan ekstrak n-heksan dan metanol buah dengen. Hasil pemisahan menggunakan KLT diperoleh enam noda dengan nilai RF berturut-turut yaitu 0,51; 0,53; 0,64; 0,69; 0,78; dan 0,89. Hasil uji KLT-Bioautografi menunjukkan adanya zona bening pada nilai RF 0,51; 0,53; dan noda pada tempat penotolan. Kandungan senyawa berdasarkan skrining fitokimia pada liofilisat buah dengen diduga mengandung golongan senyawa tanin.
Keywords : Penyakit Infeksi, Buah Dengen (Dillenia serrata Thunb.), Maserasi, Liofilisasi, Antimikroba, KLT-Bioautografi, Skrining Fitokimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:49
Last Modified: 25 Apr 2022 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15711

Actions (login required)

View Item
View Item