ASUHAN TUMBUH KEMBANG BALITA BERBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA EDUKASI IBU = GROWTH AND DEVELOPMENT CARE OF TODDLER BASED ON ANDROID APPLICATIONS AS MEDIA EDUCATION FOR MOM


Wulansari, Meinita (2022) ASUHAN TUMBUH KEMBANG BALITA BERBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA EDUKASI IBU = GROWTH AND DEVELOPMENT CARE OF TODDLER BASED ON ANDROID APPLICATIONS AS MEDIA EDUCATION FOR MOM. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102182026_tesis_cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102182026_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102182026_tesis_dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102182026_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengguanaan media edukasi asuhan tumbuh kembang balita (Pekke Madising) berbasis android terhadap peningkatan pengetahuan ibu. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan one control pretest-posttest group, yang mana sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 88 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 44 responden diberikan intervensi berupa aplikasi Pekke Madising dan 44 responden diberikan intervensi berupa Print Out. Pada tahap awal dilakukan pretest untuk mengukur tingkat pengetahuan responden pada kedua kelompok. Kemudian masing-masing kelompok diberikan media edukasi berupa aplikasi Pekke Madising pada kelompok intervensi dan Print Out pada kelompok kontrol selama sepekan. Setelah itu dilakukan pengukuran pengetahuan kembali untuk melihat pengaruh serta efektivitas penggunaan media edukasi. Analisis data menggunakan uji Chi-Square, Man-Whitney dan Wilcoxon Signed Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan responden sebelum diberikan intervensi yaitu (0,736) pada dan setelah diberikan intervensi pada masing-masing kelompok dengan nilai (p-Value <0,001). Perbedaan juga dapat dilihat dari selisih rata-rata peningkatan skor pengetahuan responden sebelum dan setelah dilakukan intervensi pada masing-masing kelompok yaitu 25% dengan nilai (p-Value <0,001) pada kelompok eksperimen dan 5,05% pada kelompok kontrol dengan nilai (p-Value =0,017). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media edukasi asuhan tumbuh kembang balita berbasis android (Pekke Madising) terhadap peningkatan pengetahuan ibu.
Keywords : Asuhan Tumbuh Kembang Balita, Media Edukasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:46
Last Modified: 21 Apr 2022 04:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item
View Item