Gambaran Dukungan Sosial Orangtua pada Mahasiswa yang Memiliki Kemampuan Self-regulated Learning


Sumarlina, Evi (2020) Gambaran Dukungan Sosial Orangtua pada Mahasiswa yang Memiliki Kemampuan Self-regulated Learning. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
Q11115018_skripsi cover.png

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
Q11115018_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
Q11115018_skripsi dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Q11115018_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Keluarga merupakan tempat pertama dan utama bagi anak mendapatkan pengetahuan tentang kehidupan sosial yang lebih luas. Salah satu peran mendasar orangtua adalah mendampingi anak pada setiap fase kehidupannya, termasuk memberikan berbagai bentuk dukungan sosial kepada anak untuk membantu dalam proses belajar agar anak dapat memiliki kemampuan self-regulated learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi naratif bertujuan untuk mengetahui gambaran dukungan sosial orangtua pada mahasiswa yang memiliki kemampuan self-regulated learning di Universitas Hasanuddin Makassar. Subjek berjumlah sembilan orang dari tiga keluarga yang masing-masing keluarga terdiri dari ibu, ayah, dan anak yang memiliki kemampuan self-regulated learning dengan kisaran usia 18-21 tahun yang berdomisili di Makassar. Penggalian data dalam penelitian ini menggunakan teknik in-dept interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua dari tiga keluarga memberikan dukungan secara penuh kepada anak melalui dukungan emosional, penghargaan, instrumental, dan informatif yang membantu anak/pelajar mengembangkan kemampuan self-regulated learning pada proses belajar melalui pemenuhan aspek metakognisi, motivasional, dan behavioral. Selain bentuk-bentuk dukungan tersebut, setiap keluarga juga memiliki keunikan tersendiri dalam berinteraksi dan atau menunjukkan kasih sayangnya seperti, komitmen pemberian reward kepada anak di akhir semester sebagai pelepas penat, menggunakan humor sebagai pola pendekatan ke anak, serta menyediakan waktu khusus untuk lebih dekat dengan anak melalui diskusi atai bercerita. Kemampuan pelajar untuk secara sadar dan aktif melakukan kontrol dan pengawasan pada proses belajarnya tidak lepas dari peran dukungan yang diberikan dan dirasakan pelajar dari orangtua.
Kata Kunci: Dukungan sosial orangtua, Mahasiswa, Self-regulated learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:45
Last Modified: 21 Dec 2020 03:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item
View Item