RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING DAN KONTROLING KUALITAS AIR PADA AKUARIUM IKAN HIAS AIR TAWAR MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS = DESIGN AND CONSTRUCTION OF WATER QUALITY MONITORING AND CONTROL INFORMATION SYSTEMS IN FRESH WATER ORNAMENTAL FISH AQUARIUM USING THE INTERNET OF THINGS


Musfita, Musfita (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING DAN KONTROLING KUALITAS AIR PADA AKUARIUM IKAN HIAS AIR TAWAR MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS = DESIGN AND CONSTRUCTION OF WATER QUALITY MONITORING AND CONTROL INFORMATION SYSTEMS IN FRESH WATER ORNAMENTAL FISH AQUARIUM USING THE INTERNET OF THINGS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H071181012_skripsi_31-03-2022 cover1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H071181012_skripsi_31-03-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H071181012_skripsi_31-03-2022 daftar pustaka.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H071181012_skripsi_31-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Ikan hias adalah salah satu favorit masyarakat Indonesia untuk dipelihara karena keindahan bentuknya yang beraneka ragam serta sebagai hiasan dirumah. Merawat dan memelihara ikan hias dapat membantu mengatasi stress dan hobi untuk mengusir kebosanan karena tingkah, keunikan serta karakteristik dari masing-masing jenisnya. Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias yang memiliki bentuk tubuh beragam dan juga memiliki warna yang bervariasi. Pada pemeliharaan ikan mas koki perlu dilakukan pengelolaan kualitas air yang baik agar sesuai dengan kriteria kualitas air yang dibutuhkan untuk mendukung kehidupannya. Dengan semakin berkembangnya teknologi dapat diterapkan sistem Internet of Things (IoT), pada bidang perikanan. Adapun tujuan penelitian untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi monitoring dan kontroling kualitas air pada akuarium ikan hias air tawar menggunakan internet of things. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall yang dijalankan secara terencana melalui tahapan-tahapan yang dilakukan penulis. Penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober hingga Desember 2021 di Kecamatan Manggala, Makassar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pengintegrasian sensor dan aktuator dengan mikrokontroler telah menghasilkan suatu sistem perangkat Internet of Things (IoT), yang telah bekerja dengan sangat baik dalam mengambil data dan mengirim data ke Firebase. Dimana sensor dan relay yang dihubungkan pada NodeMCU akan menampilkan data pada aplikasi android yaitu data suhu, kekeruhan, ketinggian air akuarium dan status aktuator (kipas, heater dan pompa pengisian dan pembuangan air). Sehingga dapat menjadi acuan user dalam mengambil tindakan pemeliharaan terhadap ikan hias air tawar dalam akuarium.
Kata kunci : Ikan Hias, Ikan Mas Koki, Internet of Things, Aplikasi Android

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:33
Last Modified: 20 Apr 2022 06:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15622

Actions (login required)

View Item
View Item