Yunisa, Yunisa (2020) GAMBARAN SKOR PEDIATRIC EARLY WARNING SYSTEM DALAM PENEMPATAN RUANG PERAWATAN PASIEN: SYSTEMATIC REVIEW. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
C12114025_skripsi COVER1.png
Download (119kB) | Preview
C12114025_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
C12114025_skripsi DP.pdf
Download (286kB)
C12114025_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang : Pediatric Early Warning System (PEWS) berfungsi untuk menurunkan tingkat mortalitas di rumah sakit dan berpotensi sangat baik untuk mengetahui perlu tidaknya pasien menerima perawatan intensif.
Tujuan : Tujuan Systematic review untuk menggambarkan Skor PEWS dalam penentuan ruang perawatan pasien.
Metode : Rancangan yang digunakan adalah Systematic review. Studi systematic review dalam penelitian ini dengan melakukan pencarian jurnal yang berhubungan dengan topik skor PEWS dalam penentuan ruang perawatan pasien dengan mengikuti panduan MOOSE checklist. Pencarian literature dilakukan bulan Agustus - September 2020 pada database PubMed, Proquest, Google Scholar dan Science Direct.
Hasil : Dari 19.366 artikel yang diidentifikasi didapatkan sebanyak lima artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dimana anak yang paling banyak ditemui dalam penelitian ini adalah anak dengan jenis kelamin laki-laki, rentang usia satu sampai lima tahun dengan penyakit infeksi, pernapasan dan hematologi. Anak diperbolehkan pulang dengan skor ≤2, rawat inap dengan skor PEWS 3 dan 4 dan ruang intensif dengan skor ≥5
Kesimpulan dan saran : Skor PEWS sangat berpengaruh terhadap ruang perawatan yang dibutuhkan pasien. Semakin tinggi skor PEWS maka semakin besar kemungkinan untuk dirawat di ruang intensif dan disarankan bagi perawat yang menentukan ruang perawatan berdasarkan skor PEWS sebaiknya terus memfollow-up pasien anak yang dipindahkan ke ruang perawatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 21 Dec 2020 03:40 |
Last Modified: | 21 Dec 2020 03:40 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1561 |