PERSEPSI MASYARAKAT DAN EFEKTIVITAS PROGRAM RUMAH PANGAN KITA (RPK) BULOG SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN RUMAH TANGGA DI KOTA MAKASSAR = COMMUNITY PERCEPTIONS AND THE EFFECTIVENESS OF PROGRAM RUMAH PANGAN KITA (RPK) BULOG AS FULFILLMENT OF HOUSEHOLD FOOD NEEDS IN MAKASSAR CITY


Arwinsyah, Muh. (2022) PERSEPSI MASYARAKAT DAN EFEKTIVITAS PROGRAM RUMAH PANGAN KITA (RPK) BULOG SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN RUMAH TANGGA DI KOTA MAKASSAR = COMMUNITY PERCEPTIONS AND THE EFFECTIVENESS OF PROGRAM RUMAH PANGAN KITA (RPK) BULOG AS FULFILLMENT OF HOUSEHOLD FOOD NEEDS IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021171302_skripsi_30-03-2022 cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021171302_skripsi_30-03-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021171302_skripsi_30-03-2022 daftar pustaka.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021171302_skripsi_30-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Rumah Pangan Kita (RPK) merupakan program kerja sama antara Perum BULOG dan masyarakat melalui pola distribusi/penyaluran produk pangan BULOG secara merata di seluruh wilayah sehingga dapat diakses oleh seluruh masyarakat dengan harga yang terjangkau, sehingga masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat tentang RPK BULOG sebagai sarana pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga di Kota Makassar, menganalisis hubungan antara persepsi masyarakat, keputusan masyarakat, dan efektivitas program RPK, dan menganalisis efektivitas program RPK BULOG di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin yaitu 79 responden yang tersebar di 13 Kecamatan di Kota Makassar. Metode analisis data yang digunakan yaitu perhitungan skala likert, analisis regresi linear berganda (tujuan 1), uji korelasi Pearson (tujuan 2), dan penentuan nilai TCR (tujuan 3). Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa 1) faktor kualitas produk (X1), harga produk (X2), promosi (X5), dan brand (X6) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat menggunakan produk RPK. Sedangkan aksesibilitas (X3) dan ketersediaan produk (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat menggunakan produk RPK. 2) Adapun korelasi antara persepsi terhadap keputusan berkorelasi tinggi, korelasi antara persepsi terhadap efektivitas berkorelasi sedang, dan korelasi antara keputusan terhadap efektivitas berkorelasi sedang. 3) Efektivitas program RPK di Kota Makassar sudah sangat efektif dijalankan dilihat dari sisi pembinaan para mitra RPK BULOG, tujuan RPK BULOG, manfaat RPK BULOG, dan keterlaksanaan program RPK BULOG dengan memiliki total TCR 87,80% dimana nilai tersebut masuk kategori sangat efektif.
Keywords : Persepsi, Efektifitas, Rumah Pangan Kita (RPK), BULOG

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:19
Last Modified: 20 Apr 2022 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15599

Actions (login required)

View Item
View Item