EFEKTIVITAS BONE GRAFT YANG MENGANDUNG CANGKANG KERANG MUTIARA (PINCTADA MAXIMA) TERHADAP EKSPRESI BMP-2 PADA REGENERASI TULANG = EFFECTIVENESS OF BONE GRAFT CONTAINING PEARL SHELLS (PINCTADA MAXIMA) ON BMP-2 EXPRESSION ON BONE REGENERATION


Yudin, Muhammad (2022) EFEKTIVITAS BONE GRAFT YANG MENGANDUNG CANGKANG KERANG MUTIARA (PINCTADA MAXIMA) TERHADAP EKSPRESI BMP-2 PADA REGENERASI TULANG = EFFECTIVENESS OF BONE GRAFT CONTAINING PEARL SHELLS (PINCTADA MAXIMA) ON BMP-2 EXPRESSION ON BONE REGENERATION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J035191001_tesis_31-03-2022 cover1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J035191001_tesis_31-03-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J035191001_tesis_31-03-2022 daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J035191001_tesis_31-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: Kesehatan jaringan periodontal merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan gigi agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kerusakan pada tulang alveolar menunjukkan tingkat keparahan penyakit periodontal. Berbagai penelitian dilakukan untuk membuat bahan yang dapat meregenerasi cacat tulang akibat penyakit periodontal. Bone graft merupakan salah satu bahan kedokteran gigi yang mampu meregenerasi tulang karena sifatnya yang osteokonduksi, osteoinduksi dan osteogenesis. Penelitian medis di bidang biomolekuler berkembang pesat salah satunya dengan memanfaatkan biota laut sebagai bahan dasar pengobatan yang diyakini memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan bahan kimia. Kerang mutiara Pinctada Maxima tersebar luas di laut Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan, salah satunya di pulau Bontosua Kabupaten Pangkep dan memiliki struktur yang mirip dengan tulang denagn kandungan kalsium tinggi, bahan utamanya adalah kalsium karbonat. Beberapa penelitian menyebutkan kalsium karbonat mampu mempercepat regenerasi tulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bone graft yang mengandung cangkang kerang mutiara (Pinctada maxima) terhadap regenerasi tulang.
Bahan dan metode: Penelitian menggunakan bahan cangkang mutiara Pinctada Maxima yang diolah menjadi serbuk Kalsium karbonat dan ditanamkan ke dalam defek femur 30 ekor marmut jantan. Secara acak dibagi menjadi tiga kelompok dengan masing-masing 5 sampel. Setelah 14 dan 21 hari pengamatan, regenerasi tulang terlihat melalui evaluasi imunohistokimia ekspresi Bone Morphogenetic Protein (BMP2)
Hasil : Data dianalisis dengan one way ANOVA untuk membandingkan masing-masing kelompok dan menunjukkan data dengan nilai p<0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antar kelompok. Namun, pada kelompok kontrol uji dengan kelompok positif pada hari ke 21 tidak memiliki perbedaan yang signifikan.
Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bone graft yang mengandung cangkang kerang Mutiara (Pinctada maxima) efektif dapat meningkatkan ekspresi BMP-2 pada hari ke 14 dan hari ke 21 sehingga dapat dijadikan bahan alternative bone graft pada perwatan regenerasi tulang. Pada pengamatan hari ke 21 kelompok uji memiliki efek yang sama dengan bahan bone graft hidroksiapatit.
Keywords : BMP-2, Bone graft, cangkang kerang mutiara, defek periodontal, Pinctada maxima

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:17
Last Modified: 20 Apr 2022 06:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15586

Actions (login required)

View Item
View Item