ANALISIS KEPUASAN WISATAWAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PANTAI BERKELANJUTAN DI KABUPATEN MAMUJU = ANALYSIS OF TOURIST SATISFACTION AND SUSTAINABLE COASTAL TOURISM DEVELOPMENT STRATEGY IN MAMUJU RAGENCY


Sariang, Gidion N (2022) ANALISIS KEPUASAN WISATAWAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PANTAI BERKELANJUTAN DI KABUPATEN MAMUJU = ANALYSIS OF TOURIST SATISFACTION AND SUSTAINABLE COASTAL TOURISM DEVELOPMENT STRATEGY IN MAMUJU RAGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022191011_tesis_11-04-2022 cover1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022191011_tesis_11-04-2022 bab 1-2.pdf

Download (872kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022191011_tesis_11-04-2022 daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022191011_tesis_11-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Gidion N Sariang. Analisis kepuasan wisatawan dan strategi pengembangan wisata pantai berkelanjutan di kabupaten mamuju. (di Bimbing oleh Otto R Payangan dan Mahyuddin).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan wisatawan terhadap pelayanan objek wisata pantai berdasarkan persepsi responden (wisatawan) dan pelaksanaan kebijakan publik oleh (stakeholder), serta merumuskan strategi dalam pengembangan wisata pantai berkelanjutan berdasarkan faktor internal (kekuatan) dan eksternal (kelemahan), dan menentukan prioritas berbagai alternatif strategi yang tepat dalam pengembangan wisata pantai berkelanjutan di kabupaten mamuju.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualtitatif bersifat Mixed method (kombinasi) dengan menggunakan teknik Accidental sampling dan Purpossive sampling dalam pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi prioritas yang dapat di terapkan dalam pengembangan wisata pantai berkelanjutan di kabupaten mamuju adalah : (1) penyusunan dokumen rencana induk pariwisata (RIPPDA) sebagai pedoman di dalam pelaksanaan program pengembangan sektor pariwisata (2) strategi mitigasi bencana dengan perhitungan letak strategis wilayah sebagai wilayah rawan bencana alam gempa bumi dan tsunami (3) berinovatif menyesuaikan keadaan “the New Normal” dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat pada setiap objek wisata (4) membentuk forum “sadar wisata” sebagai wadah yang menjembatani tantangan penyelenggaraan dan potensi kawasan pariwisata (5) integrasi pemanfaatan sumber daya alam dan buatan untuk menjaga kelestarian ekologi yang berkesinambungan (6) mengintegrasikan potensi daya tarik wisata menjadi objek wisata pantai terpadu (7) peningkatan kwalitas SDM melalui kegiatan bimtek dan pembekalan keterampilan mandiri (8) pelaksanaan festival budaya yang inovatif sebagai daya tarik bagi pembangunan pariwisata khsusnya wisata pantai di Kab. Mamuju salah satunya festival mara’dika (ritual / prosesi kerajaan Mamuju) (9) sinergitas stakeholder dalam mendukung promosi dan pemasaran destinasi wisata khususnya wisata pantai (10) pemanfaatan jasa influencer / publik figur via sosial media untuk Promosi dan menarik minat berdestinasi wisata.
Keywords : Analisis kepuasan, Strategi Pengembangan, Pariwisata Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:59
Last Modified: 14 Apr 2022 05:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item
View Item