STRATEGI PENGEMBANGAN WILAYAH PANTAI SEBAGI OBYEK PARIWISATA DI KAB.MAMUJU (STUDI KASUS PANTAI TAPANDULLU KAB.MAMUJU )


Fitri, Nurul Idil (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN WILAYAH PANTAI SEBAGI OBYEK PARIWISATA DI KAB.MAMUJU (STUDI KASUS PANTAI TAPANDULLU KAB.MAMUJU ). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P022191007_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P022191007_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022191007_tesis_cover1.jpg

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P022191007_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (627kB)

Abstract (Abstrak)

Nurul Idil Fitri. Strategi Pengembangan Wilayah Pantai Sebagai Obyek Pariwisata Di Kabupaten Mamuju. (dibimbing oleh Pangerang Moenta dan Rusnadi Padjung)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Wilayah Pantai Sebagai Obyek Pariwisata Di Kabupaten Mamuju. Pariwisata merupakan suatu bidang yang potensial dalam pembangunan suatu daerah, karena pariwisata dianggap membawa dampak positif sebagai motor penggerak kegiatan ekonomi rakyat.
Penelitian ini merupakan studi kasus di Pantai Tapandullu kabupaten Mamuju. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif menggunakan metode Eksploratif. Dalam pemilihan informan penelitian dilakukan secara sengaja (purvosive sampling) sebanyak 7 informan. Data analisis dengan model interaktif terdiri atas tiga tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dalam megembangkan wilayah pantai sebagai daerah tujuan wisata di wilayah Kabupaten Mamuju dengan Meningkatkan promosi wisata daerah di Kabupaten Mamuju, Mengembangkan wisata produktif berbasis lingkungan, Menumbuhkan peran aktif masyarkat untuk ikut serta dalam membangun sector pariwisata, dan Meningkatkan peran Pemerintah daerah, Swasta dan Masyarakat dalam pengembangan Pariwisata di Kabupaten Mamuju. Faktor yang berpengaruh dalam pengembangan pariwisata yaitu Faktor pendukung dalam pengelolaan objek wisata yaitu potensi daerah dan peran aktif dari masyarkat sehingga dapat mengembangkan dan membangun objek wisata Pantai Tapandullu yang lebih baik dan dapat menarik perhatian wisatawan. Sedangkan faktor penghambat dalam Tata Kelola Pariwisata Pantai Tapandullu yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai dan keterbatasan anggaran sehingga menghambat dalam proses pengembangan objek wisata Pantai Tapandullu. Strategi menajerial pengembangan wisata pantai diwujudkan dalam bentuk pemantapan segmen pasar wisatawan massal dan pengembangan segmen pasar wisata untuk mengoptimalkan pengembangan destinasi Pariwisata pantai. Diharapkan bagi pemerintah kabupaten Mamuju membuat strategi untuk pengembangan kemitraan pemasaran terpadu, sinergis, berkesinambungan dan berkelanjutan dalam pembangunan wilayah Pantai menjadi objek pariwisata.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Pantai, SWOT, Pemerintah Derah
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:23
Last Modified: 14 Apr 2022 05:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15547

Actions (login required)

View Item
View Item