IMPLEMENTASI PROGRAM KOTAKU : STUDI PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH BERKELANJUTAN DI KELURAHAN LAPPA, KABUPATEN SINJAI = Implementation Of KOTAKU’s Program: Study Of Sustainable Slum Handling In Lappa Village, Sinjai Regency


Pratama, Alamsyah (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KOTAKU : STUDI PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH BERKELANJUTAN DI KELURAHAN LAPPA, KABUPATEN SINJAI = Implementation Of KOTAKU’s Program: Study Of Sustainable Slum Handling In Lappa Village, Sinjai Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022181003_tesis_Cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022181003_tesis_Bab 1-2.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022181003_tesis_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022181003_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengkaji prospek implementasi program KOTAKU dalam menangani kawasan kumuh ditinjau dari aspek pembangunan berkelanjutan.
Situs penelitian ini berada di Kelurahan Lappa, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan pendekatan analisis Logika/analisis matriks yang meliputi pengkoreksian data, pereduksian data, penyajian data dan penverifikasian datanya.
Hasil Penelitian ini menunjukan implementasi program KOTAKU berdasarkan faktor isi kebijakan (content of policy) lebih berpengaruh terhadap outcome/dampak yang diberikan daripada faktor lingkungan implementasi (context of implementation). Sedangkan penanganan program KOTAKU ditinjau dari aspek pembangunan berkelanjutan, penanganan dari aspek fisik lingkungan masih terjadi rob/banjir musiman yang mengakibatkan kerusakan lingkungan, belum diberdayakan masyarakat secara ekonomi menyulitkan masyarakat untuk menjaga kualitas permukiman dan memelihara infrastruktur terbangun, hal ini berpotensi kembalinya kekumuhan di Kelurahan Lappa pasca program telah selesai. Selain itu, hasil penelitian menujukan adanya kelembagaan merupakan aspek yang penting dan dapat dipisahkan dari aspek sosial dalam konsep penanganan kumuh pada tingkatan pembangunan masyarakat.
Keywords : implementasi, permukiman kumuh, program KOTAKU, berkelanjutan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:15
Last Modified: 14 Apr 2022 05:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item
View Item