PENGARUH TABLET FE DAN VITAMIN C TERHADAP KADAR FERRITIN DAN HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL TRIMESTER II = EFFECT OF FE AND VITAMIN C TABLET ON FERRITIN AND HEMOGLOBIN CONDITIONS IN TRIMESTER


Titsamudfa, Titsamudfa (2022) PENGARUH TABLET FE DAN VITAMIN C TERHADAP KADAR FERRITIN DAN HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL TRIMESTER II = EFFECT OF FE AND VITAMIN C TABLET ON FERRITIN AND HEMOGLOBIN CONDITIONS IN TRIMESTER. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102171026_tesis_cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102171026_tesis_bab 1-2.pdf

Download (14MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102171026_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102171026_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract (Abstrak)

TITSAMUDFA.Pengaruh Tablet Fe dan Vitamin Terhadap Kadar Ferritin Dan Hemoglobin Ibu Hamil Trimester II (dibimbing oleh Sharvianty Arifuddin dan Jasmin Abu). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh tablet Fe dan Vitamin C terhadap kadar Ferritin dan Hemoglobin yang diharapkan menjadi pertimbangan untuk peningkatan kebutuhan zat besi sebenarnya pada ibu hamil agar tidak terjadi komplikasi dan mencegah kematian ibu dan bayi. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Bangkala kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis Quasy Eksperimen dengan rancangan pre-post testgroup design dengan jumlah sampel 32 orang ibu hamil. Pengambilan sampel secara porpusive sampling dengan sesuai kriteria inklusi. Data analisis menggunakan analisis statistic uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ferritin ibu hamil setelah pemberian tablet besi dengan selisih mean 1,24 %uFFFDg/L namun tidak signifikan secara statistic dengan nilai p = 0,266, dimana p > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan kadar ferritin sebelum dan setelah pemberian tablet besi. Pada kelompok intervensi terjadi peningkatan kadar ferritin setelah pemberian tablet besi ditambah vitamin C dengan selisih mean 9,26 dan secara signifikan secara statistic dengan nilai p = 0,033, dimana p >0,05 yang berarti ada perbedaan kadar ferritin sebelum dan setelah pemberian tablet besi di tambah vitamin C, sedangkan dengan kadar hemoglobin tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistic.
Kata kunci : hemoglobin,ferritin,anemia

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:34
Last Modified: 08 Apr 2022 06:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15375

Actions (login required)

View Item
View Item