Evektivitas Aplikasi Try Out Uji Kompetensi (UKOM) Berbasis Android Untuk Latihan Ukom Bagi Mahasiswa Kebidanan


Jasmani, Jasmani (2022) Evektivitas Aplikasi Try Out Uji Kompetensi (UKOM) Berbasis Android Untuk Latihan Ukom Bagi Mahasiswa Kebidanan. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102201028_tesis_cover1.jpg

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102201028_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102201028_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102201028_tesis_17-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

JASMANI. Efektivitas Aplikasi Try Out Uji Kompetensi (Ukom) Berbasis Android untuk Latihan Ukom Bagi Mahasiswa Kebidanan. (dibimbing oleh Yusring Sanusi Baso dan Andi Nilawati Usman).

Tujuan penelitian ini yaitu melakukan pengembangan terhadap aplikasi uji kompetensi bidan berbasis android yang memiliki efektivitas tinggi terhadap peningkatan angka kelulusan mahasiswa kebidanan dan melakukan validasi aplikasi Try Out kebidanan (BINIUS) berbasis Android. Melakukan uji efektifitas aplikasi Try Out kebidanan (BINIUS) berbasis Andoroid.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggabungkan antara penelitian R & D dan Intervensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan research and development (R & D). Dengan melibatkan 68 responden mahasiswa D III kebidanan semester akhir dengan rincian, STIKES Salewangang Maros sebanyak 32 orang, mahasiswa dan STIKES Mega Rezky Makassar sebanyak 36 orang mahasiswa yang dilakukan dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Di mana rancangan ini tidak ada kelompok pembanding (control), tetapi sudah dilakukan observasi pertama (Free test).
Hasil penelitian menunjukkan dari total 68 orang mahasiswa yang lulus pada uji kompetensi sebelum menggunakan aplikasi BINIUS sebanyak 29 orang mahasiswa (4.6%) dan yang tidak lulus sebesar 39 orang mahasiswa (55.4%) sedangkan setelah menggunakan aplikasi BINIUS kelulusan peserta meningkat menjadi 59 orang mahasiswa dari total 68 (0,8%). Angka ketidak lulusan berkurang menjadi 9 orang mahasiswa sebesar (9.2%) dengan nilai (P
<0.005). hasil uji normalitas yang dilakukan menggunakan analisis SPSS diperoleh nilai Sig 2 tailed pada uji Kolmogorov Smirnov (Uji K-S) sebesar
0.000 yang berarti nilai Sig < 0.05 yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah menggunakan aplikasi BINIUS pada hasil try out uji kompetesi pada kedua institusi tempat penelitian dan peningkatan angka kelulusan yang menunjukan efektivitas dari aplikasi try out online berbasis android (BINIUS).

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengembagan produk, try out uji kompetensi berbasis android, Technology Acceptance Model Tam (TAM).
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:55
Last Modified: 07 Apr 2022 05:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15323

Actions (login required)

View Item
View Item