ANALISIS KECEMASAN PESERTA DIDIK TERHADAP BENTUK TUGAS TERTUTUP DAN TERBUKA PADA MEDIUM ONLINE E-LEARNING DI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR


Ahmad, Amina (2022) ANALISIS KECEMASAN PESERTA DIDIK TERHADAP BENTUK TUGAS TERTUTUP DAN TERBUKA PADA MEDIUM ONLINE E-LEARNING DI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102191029_tesis_cover1.jpg

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102191029_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102191029_tesis_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102191029_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Amina Ahmad. Analisis Kecemasan Peserta Didik Terhadap Bentuk Tugas Tertutup Dan Terbuka Pada Medium Online E-Learning Di DIII Kebidanan Universitas Megarezky Makassar (dibimbing oleh Yusring Sanusi B dan Saidah Syamsuddin).

Pemberian tugas merupakan salah satu metode yang dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar atau dengan kata lain melatih tingkat kedisiplinan mahasiswa, melatih psikomotorik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pemberian bentuk tugas tertutup dan terbuka pada medium online E-Learning terhadap tingkat kecemasan yang dialami oleh peserta didik di DIII kebidanan Universitas Megarezky Makassar.
Penelitian ini menggunakan Combine Method antara metode penelitian dan pengembangan (Research And Development) dengan Quasi Experimental. Tehnik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling dengan jumlah 55 populasi. Pemberian bentuk tugas diberikan sebanyak dua kali yaitu dengan pre-test pemberian bentuk tugas terbuka dan tertutup dengan tujuan untuk menguji coba penggunaan produk, mengembangkan dan menyempurnakan produk model tugas pada aplikasi Indonesia Kuliah Online (IKO). Penelitian ini dilakukan di DIII kebidanan Megarezky Makassar pada bulan november 2020. Data dikumpulkan melalui post-test only dengan menggunakan instrumen google forms angket Skala Hars dan Data tersebut dianalisis dengan uji statistik menggunakan Uji Mann Whitney.
Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai mean tugas terbuka 20,93, nilai Minimum 10, nilai Maksimum 39. Pada tugas tertutup nilai mean 30,98, nilai minimum 13, nilai maksimum 48. Berdasarkan analisis Uji Mann Whitney hasil pemberian bentuk tugas tertutup dan terbuka medium online e-learning memiliki nilai probabilitas Asymp Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak.
Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian bentuk tugas tertutup dan terbuka terhadap tingkat kecemasan yang dialami peserta didik pada medium online E-Learning yaitu dengan menggunakan aplikasi Indonesia Kuliah Online.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kecemasan, Peserta Didik, Bentuk Tugas, Medium Online E-Learning
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:08
Last Modified: 07 Apr 2022 05:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15254

Actions (login required)

View Item
View Item