Halapiry, Juliana (2022) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN ASUHAN KEBIDANAN BALITA BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA UNTUK MENDETEKSI DINI PERTUMBUHAN USIA 6 – 12 BULAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P102191028_tesis_cover1.jpg
Download (291kB) | Preview
P102191028_tesis_bab 1-2.pdf
Download (1MB)
P102191028_tesis_daftar pustaka.pdf
Download (443kB)
P102191028_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
JULIANA HALAPIRY. Desain Media Pembelajaran Asuhan Kebidanan Balita Berbasis Android Dalam Meningkatkan Keterampilan mahasiswa Untuk Mendeteksi Dini Pertumbuhan Usia 6 – 12 Bulan (dibimbing oleh Sri Ramadany dan Yusring Sanusi B).
Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain media pembelajaran asuhan kebidanan balita berbasis android dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa untuk mendeteksi dini pertumbuhan usia 6 – 12 bulan
Penelitian ini dilaksanakan di Akademi Kebidanan Tahira Al Baeti Kabupate Bulukumba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain Research and Development (R & D) dan desain Pre eksperimental (one group pre-test and post test design). Metode R & D ini dikembangkan oleh Bord and Gall merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan menvalidasi media pembelajaran. Desain penelitian pre eksperimental untuk melihat pengaruh sebelum dan sesudah media pembelajaran berbasis android diberikan terhadap peningkatan keterampilan mahasiswa. Subjek penelitian adalah 31 orang mahasiswa akademi kebidanan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analize descriptive statistics dan Uji McNamer.
Hasil Penelitian: Persentase penilaian media pembelajaran pada uji validasi ahli materi (93%) dengan kategori sangat layak sedangkan validasi ahli media (95,83%) dengan kategori sangat layak. Penilaian kegunaan media dengan menggunakan kuisioner Technologi Acceptance Model (TAM) dengan nilai aspek kemudahan, kegunaan, Kepercayaan, Niat pengguna dan Sikap pengguna dikategorikan baik sedangkan presentasi perilaku pengguna aplikasi adalah sebesar 77,4%. Berdasarkan hasil uji statistic keterampilan sebelum dan setelah diberikan media pembelajaran berbasis android terdapat perbedaan keterampilan yang sigbnifikan dengan nilai p-valeu <0,000
Kesimpulan: Media pembelajaran asuhan kebidanan berbasis android dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa kebidanan dalam mendeteksi dini pertumbuhan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Pertumbuhan, Keterampilan |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 02:47 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 02:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15237 |