ANALISA PENGARUH JUMLAH MUATAN TERHADAP BEBAN SLOSHING TANGKI PADA KAPAL TANKER DENGAN METODE NUMERIK


Ma'ruf, Amar (2021) ANALISA PENGARUH JUMLAH MUATAN TERHADAP BEBAN SLOSHING TANGKI PADA KAPAL TANKER DENGAN METODE NUMERIK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D12116005_skripsi_cover1.jpg

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D12116005_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D12116005_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D12116005_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Amar Ma’ruf, D321 16 015 “Analisa Pengaruh Jumlah Muatan Terhadap Beban Sloshing Tangki Pada Kapal Tanker Dengan Metode Numerik”. Di bawah bimbingan Daeng Paroka dan Habibi.
Tangki merupakan wadah penyimpanan muatan dan menjadi bagian utama kapal pengangkut cairan dan gas agar muatan terjaga dan aman. Sebagai media penyimpanan, tangki akan selalu mendapatkan beban yang berasal dari dalam maupun beban yang berasal dari luar tangki. Sloshing merupakan salah satu beban yang berasal dari dalam, sloshing timbul akibat adanya gerakan kapal/tangki mengakibatkan gerak bebas fluida berosilasi menghantam dinding tangki. Tujuan penelitian ini adalah mencari pengaruh muatan terhadap gerakan dan beban sloshing pada tangki dengan variasi jumlah muat. Model tangki yang digunakan mengambil referensi kapal tanker general purpose yang mengangkut minyak mentah dalam kondisi dua dimensi persegi panjang (midship) dengan lebar 8,6 m dan tinggi 8 m dua sisi kiri dan kanan. Variasi yang digunakan adalah volume muat 10% (ketinggian 0.8 m), volume 30% (ketinggian 2,4 m), volume 50% (ketinggian 4 m), variasi 70% (ketinggian 5,6 m) dan variasi 90% (ketinggian 7,8 m). Simulasi dilaksanakan dengan metode numerik yaitu Computational Fluid Dynamic (CFD) menggunakan software Ansys Fluent. Gerakang tangki didasarkan dari gerakan kapal yang dalam hal ini dibatasi pada gerak heaving dan rolling, dari hasil simulasi disimpulkan bahwa efek sloshing terbesar terjadi pada variasi volume muat 10% frekuensi 2,145, sedangkan tekanan terbesar terjadi pada titik sudut kiri bawah tangki dengan tekanan 443,29 Kpa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fluent, Heaving, Rolling ,Sloshing dan Tangki.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:52
Last Modified: 06 Apr 2022 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15219

Actions (login required)

View Item
View Item