Ranahedy, Muhaimin As`adi M. (2022) INVESTIGASI TAHANAN SECARA EKSPERIMEN PADA KAPAL PLANING HULL DENGAN DEADRISE 5 DERAJAT DAN STEPPED HULL W. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031171313_skripsi cover1.jpg
Download (258kB) | Preview
D031171313_skripsi bab 1-2.pdf
Download (983kB)
D031171313_skripsi daftar pustaka.pdf
Download (1MB)
D031171313_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Kapal merupakan sarana yang digunakan untuk melakukan aktivitas maritim di berbagai wilayah perairan. Sehingga tak dapat dipungkiri dimana kapal telah menjadi bagian penting dalam aktivitas pelayaran. Dimana kebutuhan akan moda transportasi ini kian meningkat salah satunya yaitu kapal cepat yang mana mendorong perkembangan bentuk design lambung kapal seperti penambahan stepped hull. Prinsip kerja dari stepped hull adalah mengurangi permukaan karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Desain bentuk stepped yang diteliti yaitu model stepped W dengan variasi jumlah 1 stepped W, 2 stepped W, dan 3 stepped W, dengan deadrise 5 derajat. Penelitian ini berupa percobaan yang dilakukan di Laboratorium Hidrodinamika untuk mendapatkan kecepatan dan sudut trim model kapal yang dipergunakan dalam menentukan nilai tahanan menggunakan software Maxsurf. Berdasarkan hasil yang diperoleh dimana pengaruh penggunaan 1 stepped W, 2 stepped W dan 3 stepped W, diketahui bahwa nilai perbandingan tahanan total model kapal yang menggunakan 3 stepped W 69% lebih kecil dibandingkan dengan model kapal yang menggunakan 2 stepped W dan 1 stepped W. Sehingga penggunaan jumlah stepped berpengaruh pada pengurangan luas bidang basah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 01:48 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 01:48 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15214 |