Studi Kelayakan Lingkungan Dampak Pembangunan Penampungan Air (Waterpond) Sebagai Pengendali Banjir Di Kota Makassar


Dede, Abdurrachman (2021) Studi Kelayakan Lingkungan Dampak Pembangunan Penampungan Air (Waterpond) Sebagai Pengendali Banjir Di Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D12115010_skripsi_cover1.jpg

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D12115010_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D12115010_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D12115010_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Di Kota Makassar, banjir terjadi hampir setiap tahunnya pada saat memasuki musim penghujan. Berdasarkan hasil dari Tim Kajian Banjir Sulawesi Selatan (TKB Sulsel) yang dipimpin oleh Syamsu Rijal mengungkapkan penyebab banjir parah yang melanda sejumlah kabupaten beberapa waktu lalu. Di antaranya alih fungsi lahan dan deforestasi, khususnya di hulu dan tengah DAS dan curah hujan yang ekstrem. Selain itu, ada kondisi eksisting berupa tutupan lahan, konfigurasi lahan/kelerengan, pendangkalan sungai yang mendukung terjadinya banjir, hunian bantaran sungai, buruknya sistem drainase dan tampungan air yang tidak memadai. Selain faktor di atas naiknya permukaan air laut juga menjadi penyebab terjadinya banjir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari pembangunan kolam penampungan air (waterpond) terhadap ketinggian banjir di depan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar pada saat musim hujan. Sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari sensor pada waterpond berupa data intensitas curah hujan, waktu terjadinya hujan dan ketinggian air pada drainase dan waterpond.
Berdasarkan hasil analisa kolam penampungan air (waterpond) mampu mengurangi ketinggian banjir. Dimana apabila waterpond berfungsi secara optimal maka ketinggian air pada drainase dapat dikontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hujan, banjir, kolam penampungan air (waterpond)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 06 Apr 2022 00:08
Last Modified: 06 Apr 2022 00:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15178

Actions (login required)

View Item
View Item