STUDI TAHANAN KAPAL CEPAT AKIBAT PENGARUH BENTUK STEPPED V DAN DEADRISE ANGLE 5 DERAJAT MENGGUNAKAN AUTODESK CFD


Sandy, Muhammad Fadhel (2022) STUDI TAHANAN KAPAL CEPAT AKIBAT PENGARUH BENTUK STEPPED V DAN DEADRISE ANGLE 5 DERAJAT MENGGUNAKAN AUTODESK CFD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D031171311_skripsi_31-03-2022 cover1.jpg

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D031171311_skripsi_31-03-2022 bab 1-2.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D031171311_skripsi_31-03-2022 daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D031171311_skripsi_31-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Inovasi bentuk lambung kapal banyak dijumpai pada desain kapal cepat dimana trend desain kapal cepat didunia saat ini lebih memeperhatikan bentuk lambung bagian bawah. Ini dikarenakan desain lambung saat ini lebih mementingkan efisiensi dibandingkan dengan estetika kapal. Desain lambung kapal dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengurangi tahanan kapal dimana salah satu cara modifikasi desain lambung kapal ialah penambahan bentuk stepped hull dimana pada prinsipnya penambahan stepped ialah mengurangi luas permukaan bidang basah kapal karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal dan akan menambah daya tekan keatas kapal (lifting force). Desain bentuk stepped yang diteliti adalah bentuk stepped V dengan luas penampang yaitu sekitar 4.1899m2. Jumlah dari stepped yang dimodelkan dikategorikan satu, dua dan tiga stepped. Ketiga variasi tersebut diberikan kondisi batasan (boundary layer) berupa trim kapal yang mengikuti kecepatan kapal yang didapatkan berdasarkan pengujian di towing tank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan bantuan software Maxurf Modeller dan Rhinoceros 6 untuk pemodelan serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk melakukan proses analisis nilai tahanan kapal. Dengan didapatkannya hasil tahanan kapal dengan bantuan Autodesk CFD maka hasil dengan variasi satu stepped, dua stepped, dan tiga stepped di komparasikan dengan hasil model tanpa stepped dimana pengurangan tahanan terbesar terjadi pada model kapal 3 stepped dengan persentase pengurangan sebesar 69.90% lebih kecil dibanding dengan model kapal tanpa stepped pada froude number volume (FnV) 1.882.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:55
Last Modified: 05 Apr 2022 02:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15173

Actions (login required)

View Item
View Item