PENGARUH BINAURAL BEATS ALFA TERHADAP AKTIVITAS GELOMBANG ALFA DAN DERAJAT RELAKSASI PADA ORANG DEWASA MUDA YANG SEHAT


Armalia, Dr. Armalia (2021) PENGARUH BINAURAL BEATS ALFA TERHADAP AKTIVITAS GELOMBANG ALFA DAN DERAJAT RELAKSASI PADA ORANG DEWASA MUDA YANG SEHAT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C115216207_tesis_cover1.jpg

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
C115216207_tesis_bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
C115216207_tesis_dp.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
C115216207_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

ARMALIA. Pengaruh Binaural Beats Alfa terhadap Aktivitas Gelombang Alfa dan Derajat Relaksasi pada Orang Dewasa Muda yang Sehat (dibimbing oleh Jumraini Tammasse, Ashari Bahar, Susi Aulina, Muhammmad Yunus Amran, dan Gita Vita Soraya).

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Binaural Beats alfa terhadap aktivitas gelombang alfa dengan menggunakan quantitative EEG dan aplikasi Neuroguide serta derajat relaksasi dengan menggunakan skor Relaxation Inventory Self Report Scale pada orang dewasa muda yang sehat.
Desain penelitian adalah eksperimental pretest – posttest design pada 14 subjek selama Oktober hingga November 2020 di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Pemberian binaural beats alfa dilakukan dengan aplikasi smartphone, yaitu Brain Waves menggunakan Frequency Following Response (FFR) 10 Hz selama 20 menit. Selanjutnya, dilakukan perekaman EEG selama 30 menit (5 menit sebelum intervensi, 20 menit selama intervensi, dan 5 menit sesudah intervensi) untuk menentukan nilai FFT absolute power dan koherensi gelombang alfa dengan quantitative EEG melalui aplikasi komputer, yaitu Neuroguide. Kemudian diukur perubahan skor Relaxation Inventory Self Report Scale serta tanda vital sebelum dan sesudah intervensi untuk melihat perubahan derajat relaksasi.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan absolute power dan koherensi gelombang alfa yang bermakna antara sebelum, selama, dan sesudah intervensi dengan nilai p (<0.001) < 0.05 yang menunjukkan adanya peningkatan absolute power dan koherensi gelombang alfa dengan menggunakan binaural beats alfa. Hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan skor Relaxation Inventory Self Report Scale yang bermakna antara sebelum dan sesudah intervensi dengan nilai p (0.001) < 0.05 serta penurunan bermakna dari tekanan darah dan nadi dengan nilai p<0.05 yang menunjukkan adanya peningkatan derajat relaksasi dengan menggunakan binaural beats alfa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : binaural beats alfa, quantitative EEG, relaksasi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:22
Last Modified: 05 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15162

Actions (login required)

View Item
View Item