Pengaruh Komitmen Organisasi, Personal Cost Dan Lingkungan Etika terhadap Niat Melakukan Whistleblowing (Studi Pada Aparatur Sipil Negara Dinas Pendidikan Kota Makassar) = Effect of Organizational Commitment, Personal Cost and Ethical Environtment Against the Whistleblowing Intention (Study on Civil Servant of Makassar Educational Authorities)


Abdillah, Abdillah (2022) Pengaruh Komitmen Organisasi, Personal Cost Dan Lingkungan Etika terhadap Niat Melakukan Whistleblowing (Studi Pada Aparatur Sipil Negara Dinas Pendidikan Kota Makassar) = Effect of Organizational Commitment, Personal Cost and Ethical Environtment Against the Whistleblowing Intention (Study on Civil Servant of Makassar Educational Authorities). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A31116510_skripsi cover1.jpg

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A31116510_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A31116510_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A31116510_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi, personal cost dan lingkungan etika terhadap niat melakukan whistleblowing pada Aparatur Sipil Negara dinas pendidikan kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner dan dilakukan pada 40 responden yang merupakan ASN di lingkup dinas pendidikan kota Makassar. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa, komitmen organisasi dan personal cost tidak berpengaruh terhadap niat aparatur sipil negara untuk melakukan whistleblowing, sedangkan lingkungan etika berpengaruh terhadap niat aparatur sipil negara untuk melakukan whistleblowing.
Keywords : Komitmen Organisasi, Personal Cost, Lingkungan Etika, Niat Whistleblowing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Apr 2022 01:02
Last Modified: 05 Apr 2022 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15148

Actions (login required)

View Item
View Item