EFEKTIVITAS BONE GRAFT YANG MENGANDUNG CANGKANG KERANG MUTIARA (PINCTADA MAXIMA) TERHADAP REGENERASI TULANG MELALUI ANALISIS EKSPRESI OSTEOPROTEGERIN (OPG) ( Studi In Vivo Pada Defek Femur Marmut Jantan)


Dwipa A., Gustivanny (2022) EFEKTIVITAS BONE GRAFT YANG MENGANDUNG CANGKANG KERANG MUTIARA (PINCTADA MAXIMA) TERHADAP REGENERASI TULANG MELALUI ANALISIS EKSPRESI OSTEOPROTEGERIN (OPG) ( Studi In Vivo Pada Defek Femur Marmut Jantan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
J035191011_tesis_28-03-2022 cover1.png

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
J035191011_tesis_28-03-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
J035191011_tesis_28-03-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
J035191011_tesis_28-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan : Terapi bedah regenerasi periodontal dengan menggunakan bone graft di bidang kedokteran gigi telah lama dikembangkan dan digunakan hingga saat ini. Penelitian medis mulai mengalihkan perhatian mereka pada laut karena mereka percaya laut bumi dapat memberikan pengobatan lebih baik daripada bahan kimia. Pinctada maxima merupakan salah satu jenis cangkang kerang yang di budidaya di Kepulauan Pangkep Sulawesi Selatan dan memiliki kandungan utama kalsium karbonat sehingga memiliki potensi untuk menjadi bahan bone graft, namun belum ada penelitian yang menggunakan spesies ini di Indonesia. Osteoprotegerin (OPG) merupakan salah satu inhibitor alami yang mengontrol proses regenerasi tulang tulang dan peningkatan jumlah OPG dapat menyebabkan proses osteogenesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kalsium karbonat dari pinctada maxima sebagai bahan bone graft terhadap proses regenerasi tulang.
Bahan dan Metode : Penelitian ini menggunakan cangkang kerang mutiara (Pinctada maxima) yang diproses menjadi bubuk kalsium karbonat. Pengujian bahan dilakukan pada marmut jantan dengan jumlah sampel 30 ekor yang dikelompokkan menjadi 3 kelompok. Kelompok kontrol negatif tanpa aplikasi bone graft , kelompok kontrol positif menggunakan bovine xenograft (BATAN), dan kelompok perlakuan diberikan bone graft yang mengandung kalsium karbonat bubuk cangkang kerang mutiara Pinctada Maxima. Setiap kelompok perlakuan dibagi berdasarkan waktu pengamatan yaitu hari ke 14 dan 21. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS Statistic versi 21 dengan nilai signifikan p<0.05.
Hasil: Hasil analisa data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan nilai p<0.05 berdasarkan waktu pengamatan hari ke 14 dan 21 pada kelompok bone graft yang mengandung cangkang kerang mutiara. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai p<0.05 antara kelompok bone graft yang menganduing cangkang kerang mutiara dibandingkan dengan kelompok bovine xenograft (BATAN) pada hari ke 21.
Kesimpulan : Bahan bone graft yang mengandung cangkang kerang mutiara Pinctada Maxima terbukti dapat meningkatkan ekspresi osteoprotegerin (OPG) pada hari ke 14 dan 21 sehingga dapat digunakan sebagai bahan alternatif untuk perawatan regenerasi tulang. Bahan bone graft yang mengandung cangkang kerang mutiara Pinctada Maxima pada hari ke 21 mempunyai kemampuan regenerasi tulang yang hampir sama dengan bovine xenograft (BATAN) .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Dokter Gigi Periodonsia
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 04 Apr 2022 00:26
Last Modified: 04 Apr 2022 00:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15062

Actions (login required)

View Item
View Item