Mallombasang, Andi Dewi Aulia (2022) ANALISIS SAVING BEHAVIOR NASABAH MILLENIAL DENGAN PRODUCT KNOWLEDGE DAN PEMANFAATAN MOBILE BANKING (Studi kasus Pada PT Bank Negara Indonesia Wilayah Makassar) = SAVING BEHAVIOR ANALYSIS OF MILLENIAL CUSTOMERS WITH PRODUCT KNOWLEDGE AND MOBILE BANKING UTILIZATION (Case Study at PT Bank Negara Indonesia Makassar Region). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012191042_tesis_cover1.jpg
Download (325kB) | Preview
A012191042_tesis_bab 1-2.pdf
Download (685kB)
A012191042_tesis_dp.pdf
Download (237kB)
A012191042_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Andi Dewi Aulia Mallombasang Analisis Saving Behavior Dengan Product Knowledge Tentang Mobile Bangking Serta Pemanfaatan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Millenial PT Bank Negara Indonesia Wilayah Makassar). Dibimbing oleh Muhammad Ismail Pabo dan Andi Ratna Sari Dewi.
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis dan mengentahui seberapa besar pengaruh dari pengetahuan produk yang dimiliki nasabah millenial terhadap penggunaan mobile bangking serta implikasinya terhadap perilaku menabung baik secara langsung maupun tidak langsung.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data yang obyektif, valid, dan reliabel dengan tujuan dapat ditemukan, dibuktikan dan dikembangkan suatu pengetahuan, sehingga dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah yang terjadi. Bertolak dari permasalahan dan tujuan penelitian yang ingin dicapai, jenis penelitian adalah kuantitatif, dimana penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis path untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat pada PT Bank Negara Indonesia Wilayah Makassar
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel product knowledge tentang mobile banking secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan mobile banking pada nasabah milenial PT Bank Negara Indonesia Wilayah Makassar yang artinya semakin baik product knowledge nasabah milenial akan meningkatkan penggunaannya. perbankan seluler. Kemudian variabel product knowledge secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung pada PT Bank Negara Indonesia Wilayah Makassar yang artinya semakin baik product knowledge nasabah milenial maka semakin baik pula perilaku menabung. Kemudian variabel penggunaan mobile banking secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku menabung pada nasabah milenial PT Bank Negara Indonesia Wilayah Makassar yang artinya semakin baik pengetahuan nasabah milenial tidak akan berpengaruh terhadap peningkatan perilaku menabung. Dan terakhir variabel product knowledge berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku menabung jika melalui penggunaan penggunaan mobile banking pada nasabah milenial PT Bank Negara Indonesia Wilayah Makassar yang artinya semakin baik product knowledge nasabah tidak akan diarahkan pada peningkatan perilaku menabung. jika dimediasi dengan penggunaan mobile bangking.
Kata Kunci: Product Knowledge, Mobile Banking, Saving Behavior, Millenial
ABSTRACT
Andi Dewi Aulia Mallombasang. Analyzes Saving Behavior With Product Knowledge About Mobile Bangking and Utilization of Mobile Banking (Case Study on Millennial Customers of PT Bank Negara Indonesia Makassar Region). Supervised by Muhammad Ismail Pabo and Andi Ratna Sari Dewi.
The purpose of this research is to analyze and identify anything related to the knowledge possessed by millennial customers on the use of mobile banking and its implications for saving behavior, either directly or indirectly.
This type of research is used in this study to obtain objective, valid, and reliable data with the aim that knowledge can be found, proven and developed, so that it can be used to understand, solve and anticipate problems that occur. Starting from the problems and research objectives to be achieved, the type of research is quantitative, where this research uses a survey method with path analysis techniques to determine the effect of the independent variable and the dependent variable on PT Bank Negara Indonesia Makassar Region.
The results showed that the variable product knowledge about mobile banking partially has a positive and significant effect on the use of mobile banking for millennial customers of PT Bank Negara Indonesia Makassar Region, which means that the better product knowledge of millennial customers will increase usage. mobile banking. Then the product knowledge variable partially has a positive and significant effect on saving behavior at PT Bank Negara Indonesia Makassar Region, which means that the better the product knowledge of millennial customers, the better the saving behavior. Then the variable use of mobile banking partially has a positive and insignificant effect on saving behavior among millennial customers of PT Bank Negara Indonesia Makassar Region, which means that the better knowledge of millennial customers will not affect the increase in saving behavior. And finally the product knowledge variable has a positive and insignificant effect on saving behavior when using mobile banking for millennial customers of PT Bank Negara Indonesia Makassar Region, which means that the better the customer's product knowledge will not be directed at increasing saving behavior if mediated by use of mobile bangking.
Keywords: Product Knowledge, Mobile Banking, Saving Behavior, Millennial
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 01 Apr 2022 03:08 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 03:08 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15018 |