PENGARUH KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP EKSPOR NONMIGAS DI INDONESIA = THE EFFECT OF GOVERNMENT POLICIES ON NON-OIL AND GAS EXPORTS IN INDONESIA


Parura, Febrira Jein (2022) PENGARUH KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP EKSPOR NONMIGAS DI INDONESIA = THE EFFECT OF GOVERNMENT POLICIES ON NON-OIL AND GAS EXPORTS IN INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A011171511_skripsi_cover1.jpg

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A011171511_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A011171511_skripsi_dp.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A011171511_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tarif impor dan suku bunga kredit terhadap ekspor nonmigas di Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui output industri pengolahan serta pengaruh pajak penghasilan terhadap ekspor nonmigas di Indonesia melalui output industri pengolahan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Keuangan RI. Adapun data yang digunakan yakni data time series tahun 2004 hingga tahun 2019 di Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi simultan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarif impor berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor nonmigas di Indonesia secara langsung, namun berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ekspor nonmigas di Indonesia secara tidak langsung melalui output industri pengolahan. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pajak penghasilan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ekspor nonmigas di Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui output industri pengolahan. Kemudian, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa suku bunga kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ekspor nonmigas di Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui output industri pengolahan.
Kata Kunci: Tarif Impor, Pajak Penghasilan, Suku Bunga Kredit, Output Industri Pengolahan, Ekspor Nonmigas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:48
Last Modified: 01 Apr 2022 02:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15011

Actions (login required)

View Item
View Item