ANALISIS DETERMINAN KONSUMSI TERHADAP TABUNGAN MAHASISWA KOST DI UNIVERSITAS HASANUDDIN = CONSUMPTION DETERMINANT ANALYSIS OF SAVING OF BOARDING STUDENTS AT HASANUDDIN UNIVERSITY


Rafani, Aulia Rivai (2022) ANALISIS DETERMINAN KONSUMSI TERHADAP TABUNGAN MAHASISWA KOST DI UNIVERSITAS HASANUDDIN = CONSUMPTION DETERMINANT ANALYSIS OF SAVING OF BOARDING STUDENTS AT HASANUDDIN UNIVERSITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A11116531_skripsi_cover1.jpg

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A11116531_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A11116531_skripsi_dp.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A11116531_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah uang saku dan beasiswa berpengaruh secara langsung terhadap tabungan dan berpengaruh secara tidak langsung melalui konsumsi makanan dan konsumsi non makanan serta apakah ada perbedaan jenis kelamin terhadap tabungan melalui konsumsi makanan dan konsumsi non makanan mahasiswa kost Universitas Hasanuddin. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode Simultneos Equations Model (SEM). Dengan Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Hasanuddin penerima beasiswa dan sampel yang digunakan sebagai responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden penerima beasiswa dengan menggunakan metode Disproporsional Stratified Random.
Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode kuesioner dan kepustakaan dimana data yang akan diolah adalah data primer yang didapat dengan metode analisis kuantitatif dan metode analisa data dengan menggunakan metode Simultaneos Equations Model (SEM), yang dimana model persamaan simultan tersebut dapat ditulis dalam bentuk reduced form. Berdasarkan hasil dari data yang diolah maka hasil menunjukan bahwa variabel uang saku memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap konsumsi makanan, non makanan dan tabungan, juga memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap tabungan melalui konsumsi makanan dan non makanan mahasiswa Universitas Hasanuddin. Variabel beasiswa memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap konsumsi makanan dan non makanan, sedangkan variabel beasiswa memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap tabungan Universitas Hasanuddin, juga memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap tabungan melalui konsumsi makanan dan non makanan mahasiswa Universitas Hasanuddin. terdapat perbedaan konsumsi makanan dan non makanan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Sedangkan pengaruh jenis kelamin terhadap tabungan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tabungan antara laki-laki dan perempuan, serta tidak terdapat perbedaan tabungan antara laki-laki dan perempuan melalui konsumsi makanan dan non makanan mahasiswa Universitas Hasanuddin.
Keywords : Konsumsi, Tabungan, Mahasiswa, Kost

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:47
Last Modified: 01 Apr 2022 02:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item
View Item