NOVA PARANOAN, NOVA (2014) PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
--novaparano-4063-1-14-nova-7.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (998kB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan menganalisis seberapa jauh pengaruh
kualitas layanan melalui reliability, assurance, tangible, empathy,
responsiveness, dan bauran pemasaran melalui product, price, place,
people, promotion, process, dan customer service terhadap kepuasan
pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah AW. Sjahranie Samarinda
dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam kaitannya dengan
kepuasan pasien.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian eksplanatif. Data primer yang diambil dengan daftar pertanyaan
yang diberikan kepada pasien rawat inap status umum sebanyak 120
orang. Alat analisis yang dipakai adalah analisis univariat, bivariat, dan
multivariat dengan regrasi logistik.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dimensi kualitas
pelayanan (reliability, assurance, tangible, empathy, responsiveness)
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat
inap RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. (2) bauran pemasaran
(product, price, place, people, promotion, process, dan customer service)
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat
inap RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.
Hasil uji regresi logistik, yang dinilai melalui tingkat signifikansi
(Sig.) memperlihatkan bahwa dari variabel dimensi kualitas pelayanan dan
faktor bauran pemasaran secara simultan yang konsisten dan paling
dominan berpengaruh adalah people, price, dan assurance.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 05:48 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 05:48 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14938 |