PEMANFAATAN AIR PERASAN LEMON (CITRUS LIMON (L.) BURM.F.) SEBAGAI PEMBERSIH STAIN TEMBAKAU: KAJIAN PUSTAKA = UTILIZATION OF LEMON WATER SQUEEZE (CITRUS LIMON (L.) BURM.F.) AS A TOBACCO STAIN CLEANER: LITERATURE REVIEW


Thaha, Firdayasa Rasyid (2022) PEMANFAATAN AIR PERASAN LEMON (CITRUS LIMON (L.) BURM.F.) SEBAGAI PEMBERSIH STAIN TEMBAKAU: KAJIAN PUSTAKA = UTILIZATION OF LEMON WATER SQUEEZE (CITRUS LIMON (L.) BURM.F.) AS A TOBACCO STAIN CLEANER: LITERATURE REVIEW. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011171529_skripsi_cover1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011171529_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (737kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011171529_skripsi_dp.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011171529_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

PEMANFAATAN AIR PERASAN LEMON (CITRUS LIMON (L.) BURM.F.) SEBAGAI PEMBERSIH STAIN TEMBAKAU
(KAJIAN PUSTAKA)

FIRDAYASA RASYID THAHA1, HAFSAH KATU2
1Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin
2Dapartemen Konservasi Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin

Latar Belakang: Pada Global Adult Tobacco Survey (GATS 2011) dikatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama prevalensi perokok aktif tertinggi yaitu 67,4% laki-laki dan 4,5% pada wanita. Data Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2018 menunjukkan bahwa prevalensi perokok laki-laki usia >15 tahun berkisar 62,9%. Tembakau merupakan bahan baku utama pembuatan rokok yang dapat menyebabkan terjadinya stainekstrinsik berwarna hitam kecoklatan pada permukaan gigiakibat getah hasil dari sisa pembakaran tar. Stain tembakau sangat sulit dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Pembersihan stain bisa dilakukan oleh dokter gigi secara mekanik dengan instrument abrasif dan secara kimiawi dengan dental bleaching. Selain itu lemon biasa digunakan sebagai pembersih stain dalam ilmu kedokteran gigi karena kandungan asam maleat pada lemon yang merupakan senyawa dikarboksilat mempunyai kemampuan membersihkan noda pada gigi, memutihkan gigi dengan mengoksidasi permukaan email gigi sehingga menjadi netral dan menimbulkan efek pemutihan pada gigi. Tujuan: untuk mengetahui efektifitas jeruk lemon dan jeruk lemon yang dicampurkan dengan larutan garam (sodium carbonate) sebagai pembersih stain tembakau pada gigi.Metode: Mengkaji literatur dari berbagai jurnal penelitian ilmiah. Simpulan: air perasan lemon (Citrus limon (L.) Burm.f.)dengan pH 2-3 yang mengandung asam malat (malac acid) dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih stain secara alami, terutama stain ekstrinsik indirect berefek sebagai pemutih pada gigi.
Keywords : Tembakau, Stain Tembakau, Citrus limon (L.) Burm.f., Asam Malat,Pembersih Stain Tembakau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 05:27
Last Modified: 31 Mar 2022 05:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14891

Actions (login required)

View Item
View Item