HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS FISIK DAN KUALITAS TIDUR TERHADAP PERFORMA AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 21 MAKASSAR


Irfan. Z, Irfan. Z (2022) HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS FISIK DAN KUALITAS TIDUR TERHADAP PERFORMA AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 21 MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R024201005_Cover1.jpg

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R024201005_Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R024201005_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R024201005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Performa akademik pada remaja merupakan hal yang sangat penting untuk dikaji beserta faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut untuk meningkatkan tingkat pendidikan nasional.Permasalahan performa akademik bukan hanya dapat dikaji dan diteliti oleh peneliti-peneliti sosial. Akan tetapi, hal tersebut perlu diteliti dari aspek kesehatan ataupun pola hidup sehat seperti menjaga tingkat aktivitas fisik dan kualitas tidur yang objek kajiannya akan sepesifik ke neurosains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat aktivitas fisik dan kualitas tidur terhadap performa akademik siswa SMAN 21 Makassar.
Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah sampel dua ratus delapan puluh delapan orang (n=288) yang merupakan siswa SMA Negeri 21 Makassar. Terdapat beberapa data yang akan dikumpulkan diantaranya, tingkat aktivitas fisik, kualitas tidur dan tingkat performa akademik.Pengambilan data tersebut menggunakan kuesioner dan nilai raport terakhir siswa.
Pada penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara tingkat aktivitas fisik dengan performa akademik (p>0.05). Penelitian ini juga menunjukkan adanya korelasi yang bermakna antara kualitas tidur dengan performa akademik (p<0.05).Berdasarkan uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa aktivitas fisik dan kualitas tidur secara simultan mempengaruhi performa akademik (p<0.05).Akan tetapi, data dari koefisien korelasi menunjukkan bahwa kualitas tidur lebih signifikan berpengaruh terhadap performa akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kualitas Tidur, Performa Akademik, remaja.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Fisioterapi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:42
Last Modified: 31 Mar 2022 02:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item
View Item