Analisis Stabilitas Kapal Feri Ro-Ro KMP. Takabonerate Dalam Keadaan Kompartemen Bocor = Analysis Stability of Ro-Ro Ferry KMP. Takabonerate In Damage Compartment Condition


NUGRAHA, MUHAMMAD RIKY ADHITAMA (2022) Analisis Stabilitas Kapal Feri Ro-Ro KMP. Takabonerate Dalam Keadaan Kompartemen Bocor = Analysis Stability of Ro-Ro Ferry KMP. Takabonerate In Damage Compartment Condition. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116018_skripsi_cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116018_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116018_skripsi_dp.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116018_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam satu dekade terakhir terjadi peningkatan jumlah kecelakaan kapal setiap tahunnya. Terjadinya kasus-kasus tersebut dikarenakan kapal feri ro-ro masih banyak memiliki kelemahan dimana geladak kendaraan tidak kedap air dan terdapat beberapa bukaan yang ada di geladak kendaraan kapal. Performa stabilitas kapal feri haruslah baik untuk menjamin keselamatan kapal tersebut dan penumpangnya di lautan. Oleh karena itu, karakteristik performa stabilitas kapal haruslah diprediksi dengan tepat termasuk pada saat kapal dalam keadaan bocor. Untuk mengetahui jumlah maksimum kompartemen yang bocor serta kombinasi kebocoran paling rawan terhadap kondisi stabilitas kapal KMP. Takabonerate 500 GT digunakan parameter dalam rekomendasi SOLAS (Safety of Life at Sea) mengenai kriteria stabilitas minimum kapal yang mengalami kebocoran dan menjadi acuan dalam analisis peluang kapal tenggelam.

Terdapat dua indeks yang akan dibandingkan untuk mengetahui subdivision dan damage stability yaitu nilai indeks R yang disyaratkan (Required Subdivision Index R) dan nilai indeks A yang dicapai (Attained subdivision Index A). Yang mana nilai indeks A harus lebih besar atau sama dengan nilai indeks R (A ≥ R). Nilai indeks R dipengaruhi oleh jumlah penumpang kapal, sedangkan nilai indeks A dipengaruhi oleh faktor pi dan si. Nilai indeks A yang dicapai KMP. Takabonerate 500 GT yaitu 0,7716 sedangakan nilai Indeks R yang disyaratkan yaitu sebesar 0,6989 sehingga nilainya sudah memnuhi sesuai aturan SOLAS.
Keywords : Kapal Feri Ro-Ro, Damage Stability, subdivision, probabilitas, SOLAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:06
Last Modified: 31 Mar 2022 02:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14849

Actions (login required)

View Item
View Item