Studi Penggunaan Baja Sebagai Pengganti Kayu Untuk Gading Dan Lunas Kapal Kayu Tradisional = A Study on the Application of Steel Frames and Steel Keels on a Traditional Wooden Boat


Bakri, Dwiki Timur Pratama (2022) Studi Penggunaan Baja Sebagai Pengganti Kayu Untuk Gading Dan Lunas Kapal Kayu Tradisional = A Study on the Application of Steel Frames and Steel Keels on a Traditional Wooden Boat. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31115502_skripsi_cover1.jpg

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31115502_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31115502_skripsi_dp.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31115502_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Sebagai material utama, kayu sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan kapal kayu di Indonesia. Tetapi seiring dengan terjadinya penebangan liar dan kebakaran hutan, material kayu sebagai bahan utama kapal kayu menjadi lebih sulit untuk didapatkan. Akibatnya harga kayu menjadi lebih mahal. Hal ini juga disebabkan karena belum adanya alternatif material pengganti kayu. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan untuk memilih gading baja dan lunas baja sebagai alternatif pengganti gading kayu dan lunas kayu yang dilakukan secara terpisah atau sendiri-sendiri. Hasilnya menunjukkan bahwa material baja dengan dimensi tertentu dapat memiliki karakteristik tegangan yang dihasilkan kurang lebih sama dengan material kayu dari segi kekuatan. Namun interaksi antara gading baja dan lunas baja dengan komponen lainnya terbuat dari kayu dalam kesatuan model yang utuh belum diteliti. Pada penelitian ini dimodelkan kombinasi antara gading baja berbentuk profil T dan lunas kapal baja berbentuk penampang persegi empat yang berinteraksi dengan komponen konstruksi lain yang terbuat dari kayu, kemudian dianalisis respon strukturnya terhadap beban lenturan, beban puntiran, dan beban tekanan. Analisis dilakukan menggunakan metode elemen hingga dan perhitungan dilakukan dengan bantuan software ANSYS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika gading baja dan lunas baja dibuat lebih kuat maka akan menanggung beban lebih banyak sehingga tegangannya meningkat, akibatnya komponen lain di sekitarnya menanggung beban yang lebih kecil sehingga tegangannya menurun. Ukuran dimensi gading baja yang sesuai berdasarkan respon struktur dan tegangan izin baja serta tegangan izin kayu yaitu untuk dimensi gading baja adalah 110 x 90 x 6 mm dan untuk dimensi lunas baja adalah 160 x 160 x 12 atau 160 x 160 x 13 mm.
Keywords : gading kayu, gading baja, lunas kayu, lunas baja, kapal kayu tradisional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:03
Last Modified: 31 Mar 2022 02:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14845

Actions (login required)

View Item
View Item