PENGARUH OTAGO EXERCISE PROGRAM TERHADAP RISIKO JATUH DAN KUALITAS HIDUP PADA LANJUT USIA DI PANTI WERDHA KOTA MAKASSAR (PILOT STUDY)


Kadir, Muammar Irsyad (2022) PENGARUH OTAGO EXERCISE PROGRAM TERHADAP RISIKO JATUH DAN KUALITAS HIDUP PADA LANJUT USIA DI PANTI WERDHA KOTA MAKASSAR (PILOT STUDY). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R024201001_Cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R024201001_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R024201001_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R024201001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Lanjut usia merupakan kelompok umur pada manusia yang ditandai dengan terjadinya proses penuaan yang akan mengakibatkan lansia mengalami risiko jatuh dan menurunkan kualitas hidup. Otago Exercise Program merupakan serangkaian latihan yang akan meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan kesejahteraan dan kebugaran sehingga akan menurunkan risiko jatuh dan meningkatkan kualitas hidup lansia. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest design with control group. Penelitian ini dilakukan dengan intervensi sebanyak 15 kali. Sebelum dan sesudah perawatan, responden mengukur risiko jatuh menggunakan Timed-Up-and-Go test (TUGT), dan kualitas hidup menggunakan World Health Organization Quality of Life BREF (WHOQLBREF). Hasil menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap risiko jatuh dan kualitas hidup lansia pada kelompok perlakuan. Selain itu, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada nilai risiko jatuh dan kualitas hidup (fisik dan lingkungan) antara kelompok perlakuan dan kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lansia, risiko jatuh, kualitas hidup, TUGT, WHOQL-BREF
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Fisioterapi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:55
Last Modified: 31 Mar 2022 01:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item
View Item