Pengaruh Perceptual-Motor Training Terhadap Perubahan Kemampuan Koordinasi Mata, Tangan, dan Kaki Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Laniang Makassar = The Effect of Perceptual-Motor Training on eye, hand, and foot coordination skill of intellectual disability children in SLB Laniang Makassar


Amalia, Nadila Ridha (2022) Pengaruh Perceptual-Motor Training Terhadap Perubahan Kemampuan Koordinasi Mata, Tangan, dan Kaki Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Laniang Makassar = The Effect of Perceptual-Motor Training on eye, hand, and foot coordination skill of intellectual disability children in SLB Laniang Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R024201042_skripsi_08-03-2022_Cover1.jpg

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R024201042_skripsi_08-03-2022_Bab 1-2.pdf

Download (986kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R024201042_skripsi_08-03-2022_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R024201042_skripsi_08-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NADILA RIDHA AMALIA Pengaruh Perceptual-Motor Training Terhadap Perubahan Kemampuan Koordinasi Mata, Tangan, dan Kaki Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Laniang Makassar (Dibimbing oleh Nahdiah Purnamasari dan Meutiah Mutmainnah)
Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki tingkat intelektual yang lebih rendah dari anak normal seusianya sehingga cenderung mengalami hambatan di beberapa aspek kehidupan, seperti kognitif, motorik, sosial, dan emosi. Anak tunagrahita ringan merupakan populasi terbesar dari berbagai kategori anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceptual-Motor Training dalam meningkatkan kemampuan koordinasi mata, tangan, dan kaki anak tunagrahita ringan di SLB Laniang Makassar
Metode yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis rancangan one group pre test dan post test. Sampel penelitian adalah anak tunagrahita ringan berusia 10-14 tahun yang mampu dalam melakukan komunikasi. Jumlah sampel penelitian adalah 17 anak dan mengikuti Perceptual-Motor Training yang dilaksanakan sebanyak 12 kali dalam waktu 4 minggu
Hasil penelitian setelah dilakukan uji Shapiro Wilk didapatkan data berdistribusi normal (p>0.05), selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan Paired T-Test dan didapatkan hasil p=0.000 (p<0.05) yang menunjukkan bahwa Perceptual-Motor Training memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan kemampuan koordinasi mata, tangan, dan kaki anak tunagrahita di SLB Laniang Makassar
Kata kunci: Perceptual-Motor Training, koordinasi, tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:06
Last Modified: 30 Mar 2022 06:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14729

Actions (login required)

View Item
View Item