Pengaruh Stability Ball Exercise Terhadap Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kota Makassars = The Effect of Stability Ball Exercise on Low Back Pain in Pregnant Mother in Makassar Health Center


Irwan, Nur Anugrawati (2022) Pengaruh Stability Ball Exercise Terhadap Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kota Makassars = The Effect of Stability Ball Exercise on Low Back Pain in Pregnant Mother in Makassar Health Center. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R024201013_Cover1.jpg

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R024201013_Bab 1-2.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R024201013_Daftar Pustaka.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R024201013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kehamilan merupakan hal yang sangat dinantikan oleh sebagian besar perempuan yang telah mengarungi bahtera rumah tangga. Perempuan yang mengalami kehamilan pasti mengalami kekhawatiran yang disebabkan oleh perubahan yang terjadi dalam kurun waktu sembilan bulan. Pada masa kehamilan seiring dengan membesarnya uterus maka pusat gravitasi akan berpindah kearah depan sehingga ibu hamil harus menyesuaikan posisi berdirinya. Postur tubuh yang tidak tepat dimasa kehamilan dapat berakibat peregangan tambahan dan kelelahan pada tubuh, terutama pada tulang belakang, pelvis dan sendi, sehingga hal ini dapat menyebabkan nyeri pinggang pada masa kehamilan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Stability Ball Exercise terhadap nyeri pinggang pada ibu hamil di Puskesmas Kota Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design, dengan jenis rancangan time series experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang berada dalam wilayah kerja Puskesmas Tamalanrea dan Puskesmas Tamalanrea Jaya Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 13 orang. Subjek penelitian diberikan Stability Ball Exercise selama 4 minggu (12 kali perlakuan)
Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengambilan data primer melalui instrumen pengukuran tingkat nyeri pinggang menggunakan Visual Analogue Scale (VAS). Penelitian ini dilakukan selama 4 minggu dengan 12 kali pemberian latihan. Uji statistik yang digunakan adalah Uji Repeated Measures Anova. Hasil analisis pre test dan post test memperlihatkan penurunan nilai nyeri punggung bawah dengan nilai p < 0,001. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian Stability Ball Exercise berpengaruh terhadap perubahan nyeri pinggang pada ibu hamil.
Keywords : stability ball exercise, nyeri pinggang, ibu hamil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:24
Last Modified: 29 Mar 2022 06:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14667

Actions (login required)

View Item
View Item